Purwakarta (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jabar, meluncurkan "Ambulance dan Dokter On Call" yang dikhususkan untuk melayani para ibu lanjut usia, pada peringatan Hari Ibu, Kamis.

"Program ini baru diluncurkan, untuk menghormati sekaligus menghargai peran para ibu di Hari Ibu tahun ini," kata Bupati setempat Dedi Mulyadi, di Purwakarta, Kamis.

Sebanyak 10 unit mobil ambulance lengkap dengan dokternya mulai hari ini akan bertugas melayani ibu-ibu lanjut usia (lansia). Layanan itu harus disegerakan saat menerima panggilan.

Untuk nomor kontak masing-masing ambulance dan dokter sudah terpampang dalam sticker yang ditempel di setiap rumah yang ditinggali para ibu lansia.

Dedi mengatakan, petunjuk teknis bagi para ibu yang ingin menggunakan layanan kesehatan gratis tersebut telah ditentukan. Jadi kapanpun nomor kontak dalam sticker itu dipanggil oleh pasien, maka ambulance dan dokter online yang terintegrasi dalam layanan ini akan langsung mendatangi alamat yang dituju.

"Sistemnya on call, cukup telepon nanti dijemput petugas ambulance dan dokternya," kata bupati.

Data rumah lansia yang akan ditempeli sticker dalam program ini, Dinas Kesehatan Purwakarta sebagai "leading sector" program tersebut sudah bekerjasama dengan pemerintahan desa dan kelurahan di sekitar Purwakarta.

Pewarta: M Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016