Bupati Bogor Iwan Setiawan berjanji merelokasi lapak pedagang yang hangus dalam peristiwa kebakaran hebat di Pasar Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, ke tempat layak.

Iwan usai meninjau lokasi kebakaran, Jumat, menjelaskan bahwa ia telah menerima informasi dari camat setempat mengenai calon tempat relokasi yang tak jauh dari Pasar Leuwiliang, yaitu di tanah milik Pemda dekat Terminal Leuwiliang.

Menurut dia, Pemerintah Kabupaten Bogor perlu terlebih dahulu menyiapkan sarana dan prasarana di tempat relokasi sementara, agar menjadi tempat yang layak bagi para pedagang untuk berjualan.

"Mudah-mudahan cukup untuk di relokasi ke tempat yang memang layak,” ujar Iwan.

Mengenai kebutuhan anggaran, Bupati segera berkoordinasi dengan perangkat daerah dan DPRD Kabupaten Bogor untuk melakukan penanganan jangka pendek menggunakan anggaran dari pos Belanja Tak Terduga (BTT).

"Pemerintah hadir di sini untuk mengambil langkah strategis, masyarakat kembali ada harapan, bisa kembali berjualan,” tuturnya.

Iwan juga berdialog dengan beberapa pedagang dan menanyakan langsung kondisi mereka. Iwan meminta area kebakaran disterilkan dulu untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

“Tadi saya lihat masih ada aktivitas (di area kebakaran), padahal ini cukup berbahaya ya karena udara bekas kebakaran dan masih rawan. Jangan sampai sudah kena bencana kebakaran ditambah sakit,” katanya.
 
Lokasi kebakaran di Pasar Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/9/2023). (ANTARA/H0-Humas Pemkab Bogor)

Peristiwa kebakaran ratusan lapak pedagang sembako, buah, dan pakaian di Pasar Leuwiliang itu dilaporkan terjadi mulai Rabu (27/9) sekitar pukul 20.00 WIB hingga Kamis pukul 13.00 WIB.

Berdasarkan data Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kabupaten Bogor, dari sebanyak 590 kios yang ada di Pasar Leuwiliang, 550 kios di antaranya hangus terbakar. Kemudian, dari los berjumlah 641 lapak, sebanyak 580 lapak di antaranya ikut terbakar.

Tak hanya itu, peristiwa kebakaran yang berlangsung lebih dari 12 jam itu juga menghanguskan ratusan lapak pedagang.

Baca juga: Ketua DPRD Bogor minta pemkab relokasi pedagang Pasar Leuwiliang terdampak kebakaran

Baca juga: Pemkab Bogor rencana relokasi pedagang Pasar Leuwiliang usai kebakaran pada Rabu

Baca juga: Damkar padamkan puluhan kios terbakar di Pasar Leuwiliang Bogor


 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023