Sebanyak 44 dari 3.051 wisudawan pascasarjana Universitas Indonesia (UI) lulus dengan gelar Summa Cumlaude Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sempurna 4.  

Dua dari 44 wisudawan yang meraih summa cumlaude yaitu dr. Luthfi Saiful Arif, M.Pd.Ked., dari Fakultas Kedokteran (FK) dan Meriell Jade E. Tendean, S.T., M.Si., dari FISIP .

Selama menjalani masa perkuliahan, dr. Luthfi telah mencetak beberapa prestasi, di antaranya adalah meraih penghargaan Best Poster pada WONCA APRC 2022 di Bali bersama tim SEANUTS Indonesia.  

Di antara wisudawan yang hadir, terlihat Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok Ir. H. Teuku Muhammad Yusufsyah Putra, M.Si., yang lulus dari Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) UI.  

Baca juga: UI bekali mahasiswa pascasarjana pentingnya etika dan integritas

"Alhamdulillah, hari ini saya hadir mengikuti wisuda Universitas Indonesia yang dalam penyelenggaraannya begitu baik. Mudah-mudahan alumni-alumni UI bisa bermanfaat dan berguna bagi bangsa dan negara," katanya.

Tentunya, saya yakin keahlian yang dimiliki oleh para wisudawan bisa dipergunakan untuk membangun negara Indonesia. Saya bangga menjadi mahasiswa Universitas Indonesia. Ayo lebih baik, selalu semangat.

Ia mengangkat topik penelitian tentang kebijakan pemerintah Kota Depok dan partisipasi masyarakat terhadap kawasan Cagar Budaya Depok Lama. 

Baca juga: Tiga program studi pascasarjana UI peroleh akreditasi internasional

Di antara para orang tua dan pasangan yang datang pada upacara wisuda hari ketiga ini, tampak hadir Anggota DPR RI (Periode 2019-2024) Dapil Jateng V Aria Bima sebagai orang tua dari RA Yashinta Sekarwangi Mega yang merupakan lulusan dari Program Pascasarjana Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI.  

Aria Bima menyampaikan rasa bangga atas kelulusan putrinya dan bisa menghadiri acara wisudanya.

“Saya bangga dengan tagline UI yang tidak hanya ‘meng-Indonesia’ tapi juga harus mengglobal.  Tentunya, wisudawan UI siap berbakti untuk negeri," kata Aria Bima.

Baca juga: SKSG UI tawarkan "online summer course" bagi mahasiswa asing

Ini adalah satu panggilan yang mana Indonesia ke depan membutuhkan kalangan intelektual dan kampus UI telah memiliki sejarah panjang tentang berbagai pergerakan politik ekonomi bahkan teknologi dan tentunya sebagai orang tua yang mempunyai anak lulusan S2 dari UI, saya merasa bangga dan hormat. 

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023