Sebanyak 12.050 anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kabupaten Bekasi terdaftar sebagai peserta badan penyelenggara jaminan sosial ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK sekaligus menjadi yang pertama di Provinsi Jawa Barat.

"Kabupaten Bekasi menjadi percontohan Jawa Barat karena baru Kabupaten Bekasi yang mengikutsertakan Korpri pada kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan," kata Wakil Kepala Kantor Bidang Kepesertaan pada BPJAMSOSTEK Jawa Barat Iksarudin di Cikarang, Jumat.

Ia mengatakan seluruh anggota Korpri Kabupaten Bekasi terdaftar pada dua program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) terhitung sejak Bulan September 2023. Sebelum menjadi peserta, mereka mendapatkan sosialisasi terkait manfaat jaminan sosial.

Baca juga: BPJAMSOSTEK Cikarang santuni ahli waris anggota BPD Mekarjaya

Dirinya berharap manfaat yang didapatkan anggota Korpri Kabupaten Bekasi ini dapat membantu pemerintah daerah mengurangi angka kemiskinan baru jika terjadi risiko sosial ekonomi seperti meninggal dunia ataupun kecelakaan pada saat bekerja.

Ia juga berharap anggota Korpri Kabupaten Bekasi menambah Jaminan Hari Tua (JHT) pada kepesertaan BPJAMSOSTEK mengingat ada manfaat tambahan yang diperoleh apabila terdaftar dalam program tersebut.

"Ada manfaat berbeda yang bisa didapatkan yaitu subsidi uang muka kepemilikan rumah atau subsidi bantuan renovasi rumah. Manfaat ini bisa dirasakan oleh peserta yang telah bergabung keanggotaan minimal satu tahun," katanya.

Baca juga: Kadin Bekasi gandeng BPJAMSOSTEK berikan perlindungan 1.000 pekerja rentan

Pejabat Pengganti Sementara Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Bekasi Cikarang Dian Zulfikar mengatakan manfaat jaminan sosial bagi anggota Korpri Kabupaten Bekasi ini merupakan manfaat tambahan yang diberikan oleh Taspen apabila meninggal dunia.

"Diharapkan ke depan anggota Korpri Kabupaten Bekasi juga dapat mengikutsertakan program jaminan hari tua yang juga merupakan top up manfaat yang sudah diberikan oleh Taspen kepada anggota korpri yang berstatus pegawai negeri sipil ataupun PPPK," katanya.

Pihaknya mengapresiasi pengurus Korpri Kabupaten Bekasi atas perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan yang juga merupakan implementasi terhadap visi, misi, dan fungsi korpri dalam memberikan kesejahteraan kepada anggota.

Baca juga: BPJAMSOSTEK Cikarang tanam pohon bentuk peduli lingkungan

Ketua Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Bekasi Dedy Supriyadi mengatakan kerja sama ini merupakan upaya perlindungan seluruh anggota berikut keluarga dari risiko pekerjaan baik kecelakaan maupun meninggal dunia.

"Mencoba memproteksi keluarga kita agar tidak terbebani jika kita yang merupakan anggota ini mengalami musibah seperti kecelakaan dan meninggal dunia. Setidaknya mengurangi beban keluarga yang ditinggalkan melalui bantuan yang diberikan," katanya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi itu menjelaskan pendaftaran kepesertaan BPJAMSOSTEK ini sejalan dengan program Korpri dalam rangka menyejahterakan para anggota melalui manfaat perlindungan jaminan sosial tenaga kerja.

"Karena salah satu tujuan Korpri ini untuk menyejahterakan anggota selain juga kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten Bekasi," katanya.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023