Bantu penuhi persediaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sukabumi Kota menggelar donor darah massal yang diikuti oleh puluhan personel polisi lalu lintas.

"Kami sengaja datang langsung ke di Markas PMI Kota Sukabumi di Jalan Arif Rahman Hakim, Kecamatan Warudoyong , Kota Sukabumi, Jabar pada Selasa, (19/9) untuk menggelar aksi donor darah," kata KBO Satlantas Polres Sukabumi Kota Ipda Ade Hidayat di Sukabumi, Selasa.

Menurut Ade kegiatan ini merupakan bakti kesehatan yang dilakukan pihaknya menyambut Hari Lalulintas Bhayangkara ke-68 tingkat Polres Sukabumi Kota. Adapun peserta yang mengikuti aksi donor darah ini sebanyak 50 personel.

Baca juga: Polres Sukabumi Kota donorkan 148 labu darah ke PMI

Namun, dari 50 personel yang ingin mendonorkan darahnya hanya 23 peserta yang telah dinyatakan sehat oleh tim medis dan bisa mengikuti mendonorkan darahnya, sedangkan 27 peserta ditunda sampai kondisi kesehatannya sudah layak. Sehingga jumlah darah yang terkumpul sebanyak 23 labu darah.

Pihaknya berharap, meskipun jumlahnya tidak banyak tetapi darah yang disumbangkan melalui PMI bisa bermanfaat dan membantu orang lain yang membutuhkan darah. Kegiatan ini tentu akan dilakukan secara rutin oleh pihaknya, karena selain bisa membantu menyelamatkan nyawa orang lain, donor darah juga menyehatkan.

Sementara, Ketua PMI Kota Sukabumi Suranto Sumowiryo mengapresiasi kegiatan bakti kesehatan yang digagas Satlantas Polres Sukabumi Kota karena bisa membantu menambah persediaan darah di PMI Kota Sukabumi.

Baca juga: Persediaan darah menipis aparat gabungan donor darah

Untuk Kota Sukabumi setiap bulan membutuhkan kurang lebih 2 ribu labu, sehingga jika dihitung setiap harinya, kebutuhan darah minimal 70 labu. Maka dari itu dukungan seperti ini tentu sangat membantu dan harus dicontoh oleh semua pihak.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023