Sulawesi Barat (Sulbar) mulai menyusun peta potensi pariwisata agar memiliki rujukan untuk menarik investor di bidang itu ke daerah itu.

"Kami menyusun peta potensi pariwisata sebagai rujukan untuk menarik investasi pariwisata yang masuk ke Sulbar," Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Provinsi Sulbar Habibi Azis di Mamuju, Selasa.

Ia mengatakan, peta wisata yang disusun tersebut, juga akan menunjukkan bagaimana pengembangan industri wisata yang cocok dilaksanakan, bagi kepentingan membangun pariwisata Sulbar.

"Peta wisata itu juga akan dapat membantu menarik investor ke daerah dan mendorong lebih banyak investasi, selain itu akan mengembangkan industri pariwisata Sulbar," katanya.

Baca juga: Festival Pesona Takabonerate Promosikan Wisata Bahari Selayar

Ia menyampaikan, pemerintah telah menggelar diskusi grup terfokus (focus group discussion/FGD) penyusunan peta potensi dan peluang investasi Provinsi Sulbar tersebut, yang juga akan menjadikan rujukan pemerintah dalam membangun bisnis pariwisata.

Ia mengatakan, dengan adanya peta wisata tersebut nantinya akan memperlihatkan potensi wisata setiap wilayah di Sulbar dan akan semakin mudah dan menarik dikelola.

"Pengembangan wisata pada wilayah tersebut akan meningkatkan pertumbuhan ekonominya dan mendorong pembangunan ekonomi nasional sebagai efek pembangunan," katanya.

Baca juga: Punya Jendela Indonesia dan Boulevard Mirip Singapura, Manado Menuju Kota Pariwisata Dunia

Ia meminta tim penyusun peta potensi dan peluang investasi pariwisata yakni Universitas Sulbar dapat memberikan pemikiran yang konstruktif dan terbaiknya dengan berbagai hasil kajian, untuk menghasilkan peta potensi dan peluang investasi sektor pariwisata berdasarkan potensi sumber daya daerah yang ada pada setiap wilayah di Sulbar.

Ia berharap, agar seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) pemerintah Sulbar dapat mendukung dengan penuh tanggungjawab, ikhlas dan berkinerja tinggi serta dapat bertindak efektif dan efisien dalam menyelenggarakan pembangunan dan pengembangan sektor pariwisata

Baca juga: Ada Paket Wisata Melepas Tukik Ke Laut Lepas

"Pembangunan pariwisata merupakan visi dan misi pemerintah Sulbar untuk memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Sulbar, sehingga harus didukung pemerintah," katanya.

Habibi belum merinci data kapan target peta potensi wisata itu harus selesai, termasuk potensi kontribusi bagi pendapatan asli daerah.  

Pewarta: M.Faisal Hanapi

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023