Gempa bumi dengan magnitudo 5,2 mengguncang kota Sabang, Aceh Selasa, pukul 05.09 WIB, demikian siaran informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Berdasarkan laman resmi BMKG yang dipantau di Jakarta, lokasi gempa terletak pada 5,82 Lintang Utara (LU) dan 94,57 Bujur Timur (BT).

Adapun pusat gempa berada di 83 km Barat Daya Kota Sabang, Aceh, dengan kedalaman 102 km.

"Informasi ini mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data," tulis BMKG.

Baca juga: Maroko nyatakan tiga hari berkabung nasional penghormatan bagi korban gempa
Baca juga: Gempa magnitudo 6,3 guncang Donggala Sulteng tidak berpotensi tsunami

Tidak dilaporkan potensi tsunami akibat gempa tersebut, namun BMKG mengimbau masyarakat untuk waspada atas kemungkinan gempa susulan.

Sebelumnya Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan wilayah Sahu, Halmahera Barat, Maluku Utara, diguncang gempa magnitudo 6,2 akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Laut Maluku.

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Daryono di Jakarta, Senin, mengatakan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1,18 Lintang Utara (LU) dan 127,44 Bujur Timur (BT), atau tepatnya berlokasi di darat pada kedalaman 152 km.

"Dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Laut Maluku," katanya.

Baca juga: Gempa magnitudo 5,0 di Simeulue akibat aktivitas subduksi lempeng

Ia menambahkan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Daryono juga memutakhirkan informasi yang pada awalnya berkekuatan magnitudo 5,9 menjadi magnitudo 6,2.

Pewarta: Fathur Rochman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023