Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor, Jawa Barat menyerap aspirasi nama-nama kandidat penjabat (Pj) Wali Kota Bogor setelah masa jabatan Bima Arya selesai pada Desember 2023.

Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto di Kota Bogor, Kamis, mengatakan bahwa anggota dewan sebagai representasi dari masyarakat mulai menyerap aspirasi siapa penjabat Wali Kota Bogor pantas menggantikan Bima Arya.

"Nanti aspirasi itu mulai dibahas Oktober di dewan, tapi saya kira masing-masing fraksi juga sudah melalui reses, menampung aspirasi masyarakat," ujar Atang.

Baca juga: DPRD Kota Bogor usul anggarkan insentif relawan Satgas Pelajar

Atang menyampaikan, pada saat nanti pembahasan akan mengerucut ke tiga nama yang diusulkan anggota dewan yang bisa unsur pejabat eselon II Pemerintah Kota Bogor, Pemerintah Provinsi Jawa Barat maupun Kemendagri.

Namun demikian, karena masih dalam proses penyerapan aspirasi dari masyarakat, maka nama-nama kandidat penjabat Wali Kota Bogor belum bisa disampaikan.

Ia menjelaskan, bahwa tahapan pengajuan calon penjabat Wali Kota Bogor ialah menyerap aspirasi melalui anggota dewan, pembahasan pada  Oktober 2023 dan pengajuan kepada Kemendagri pada bulan November 2023.

Baca juga: DPRD Kota Bogor usulkan syarat pindah KK saat daftar PPDB minimal dua tahun

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dan wakilnya Dedie Abdul Rachim akan mengakhiri masa jabatannya pada Desember 2023. Mereka memerintah sejak 2019-2023.

Penjabat wali kota akan menggantikan mereka hingga proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024 selesai dilaksanakan dan wali kota serta wakil wali kota baru dilantik.

Atang menuturkan bahwa DPRD menyambut nama-nama calon yang banyak diusulkan agar opsinya semakin banyak.

Baca juga: PKS Kota Bogor siap jalankan keputusan MMS soal penentuan cawapres

Dewan berharap penjabat Wali Kota Bogor adalah seseorang yang memahami daerah ini sehingga eksekusi kebijakan-kebijakan dapat dilaksanakan dengan betul-betul mengenal masalah, kebutuhan dan budaya kota hujan ini.

"Tentu diharapkan penjabat Wali Kota Bogor ini yang mengerti Kota Bogor, sehingga kebijakannya mengena," kata dia.

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023