Pemerintah Kabupaten Bekasi mengandalkan Desa Ridogalih di Kecamatan Cibarusah menjadi juara program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera atau P2WKSS tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2023.

"Desa Ridogalih sudah ditunjuk mewakili Kabupaten Bekasi di lomba P2WKSS tahun ini. Semoga dapat mempertahankan predikat juara pertama tingkat provinsi tiga kali berturut-turut," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Cikarang, Sabtu.

Dia mengatakan faktor utama untuk dapat mempertahankan predikat juara di ajang P2WKSS ini adalah keterlibatan seluruh unsur terkait secara optimal melalui kerja gotong royong.

Baca juga: Wabup Karawang berharap program P2WKSS tahun ini memajukan desa

Ia mengatakan pemerintah daerah selaku koordinator kegiatan program tersebut membutuhkan bantuan dan sinergi dari pihak swasta serta swadaya masyarakat, meski perangkat daerah terkait dibantu unit pelaksana teknis sejauh ini sudah bekerja optimal.

Dani mengatakan bencana kekeringan yang melanda Desa Ridogalih turut mempengaruhi pertimbangan dalam penilaian. Namun, peran serta pemerintah daerah dalam menangani kekeringan juga akan menjadi pertimbangan penilaian pada ajang P2WKSS.

Sementara itu, Camat Cibarusah Rusdi Azis memastikan dukungan penuh kegiatan program P2WKSS di Desa Ridogalih. Beberapa pembangunan infrastruktur juga sudah mulai dilakukan sebagai persiapan sebelum penjurian nanti.

Baca juga: Program P2WKSS 2021 diharapkan mampu wujudkan visi Kota Depok

Salah satu contoh adalah kegiatan pelatihan kalangan ibu rumah tangga di Desa Ridogalih yang diinisiasi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bekasi melalui program 'Sekoper Cinta'.

Kemudian dari aspek infrastruktur wilayah melalui pembangunan ruang bermain terbuka bagi anak dilengkapi jaringan fasilitas umum seperti penerangan jalan dan ketersediaan air bersih, hingga lahan produktif perikanan.

"Sedang dibangun di atas lahan seluas kurang lebih satu hektare dengan status kepemilikan tanah kas desa setempat. Pembangunan oleh perangkat daerah terkait dan kami terus berkoordinasi agar pembangunan ini segera tuntas sehingga sebelum penilaian di Bulan November mendatang sudah selesai secara keseluruhan," ucapnya.

Baca juga: Pemkot Bogor pilih Bojongkerta jadi lokasi program terpadu P2WKSS 2021

Rusdi juga mengapresiasi antusias tinggi segenap warga Desa Ridogalih yang selalu mendukung program P2WKSS ditunjukkan dengan kehadiran masyarakat di seluruh tahapan kegiatan.

"Harapannya mereka bisa mengembangkan ilmu yang didapatkan dalam kehidupan sehari-hari agar bisa menumbuhkan atau meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri," kata dia.*

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023