London (Antara/Reuters/Amtara Megapolitan) - Chelsea mempertahankan posisi sebagai pemuncak klasemen Liga Inggris setelah bangkit dari tertinggal satu gol untuk menang 2-1 atas Tottenham Hotspur di Stamford Bridge pada Sabtu, setelah pada pertandingan-pertandingan yang dimainkan lebih awal Manchester City dan Liverpool juga sempat menduduki posisi pemimpin klasemen untuk sementara waktu.  
  
City bangkit dari ketinggalan untuk menang 2-1 atas Burney melalui dua gol Seergio Aguero pada pertandingan yang dimainkan paling awal, kemudian Liverpool menggeser mereka dengan keunggulan selisih gol setelah Divock Origi dan James Milner akhirnya mematahkan kegigihan Sunderland untuk mengukir kemenangan 2-0 di Anfield.
       
Gol-gol Chelsea pada masing-masing babak dibukukan Pedro dan Victor Moses, yang membatalkan gol yang dicatatkan terlebih dahulu oleh Christian Eriksen untuk mengakhiri laju tidak terkalahkan terakhir di liga sekaligus mengamankan kemenangan beruntun ketujuh untuk Si Biru, yang masih unggul satu angka atas rival-rival terdekatnya.

Laju kemenangan ini berbarengan dengan keberhasilan Moses mengamankan tempat di tim inti dan pemain internasional Nigeria itu, yang dalam waktu lama sempat menjadi sosok yang terlupakan di Chelsea, tampil impresif pada Sabtu, menggebrak di sisi kanan untuk menguasai bola dari Diego Costa pada menit ke-51, untuk kemudian menaklukkan Jan Vertonghen dan mengemas gol.

"Saya sangat senang dengan gol itu," kata Moses, yang menghabiskan tiga musim sebagai pemain pinjaman di Liverpool Stoke City, dan West Ham United sebelum Antonio Conte mengonversinya sebagai pemain bek sayap.

"Saya senang karena telah menemukan rumah. Saya senang dapat bermain di musim ini. Manajer memberi saya kesempatan untuk mengekspresikan diri dan saya menikmatinya."

Eriksen mencetak gol dari luar kotak penalti untuk membawa Spurs memimpin pada menit ke-11, sebelum Pedro melepaskan tembakan melengkung untuk menyamakan kedudukan sebelum turun minum.

Pada pertandingan-pertandingan yang dimainkan lebih awal, City dan Liverpool sempat mengalami kesulitan untuk mencatatkan kemenangan, di mana kemenangan Si Merah atas Sunderland harus ditebus dengan harga teramat mahal yakni cedera pergelangan kaki Philippe Coutinho, yang meninggalkan lapangan dengan ditandu.

Manajer Liverpool Jurgen Klopp mengatakan masih terlalu dini untuk mengatakan bagaimana seriusnya cedera itu setelah sang pemain Brazil diterjang oleh Didier Ndong pada akhir babak pertama. Namun dengan Adam Lallana yang juga cedera, pria Jerman itu menghadapi penantian yang mencemaskan untuk hasil-hasil pemindaian Coutinho.

Di atas lapangan, pengganti Coutinho, Origi, memecahkan kebuntuan atas Sunderland dengan tembakan yang lebih terlihat seperti umpan silang dari sisi kiri. Milner membukukan gol kedua mereka setelah Sadio Mane dilanggar di kotak terlarang.
   
Kemenangan setelah ketinggalan

Di Turf Moor, Pep Guardiola melakukan lima perubahan terhadap tim Manchester City yang bermain di Liga Champions pada tengah pekan, namun ia memainkan Aguero sejak awal, yang dua golnya mengamankan kemenangan mereka setelah ketinggalan.

Gol-gol tersebut membawa pemain Argentina itu kini telah mengemas 33 gol dari 34 pertandingan Liga Inggris terkininya, tercipta setelah Dean Marney membawa tim tuan rumah memimpin dengan gol perdananya di liga dalam rentang waktu tujuh tahun.

City hanya kalah satu kali dari 15 pertandingan terakhirnya di liga, menang sembilan kali dan bermain imbang lima kali, dan Guardiola memberi pujian terhadap pengaruh Aguero. 

"Ia bermain benar-benar baik dan bergerak dengan benar-benar baik. Ia benar-benar menjalani permainan dengan baik," kata Guardiola. "Dari awal ia siap, bahasa tubuhnya sangat bagus."

Pertandingan paling menarik pada hari ini terjadi di Stadion Liberty, di mana Swansea City menang dalam laga yang berakhir dengan skor 5-4 melawan Crystal Palace dengan dua gol dari pemain pengganti Fernando Llorente pada fase akhir pertandingan untuk mencatatkan kemenangan perdana mereka sejak hari pembukaan musim dan pertama kalinya di bawah asuhan manajer Bob Bradley.

Hasil ini dapat membawa dampak yang lebih serius terhadap manajer Palace Alan Pardew, yang timnya kini hanya unggul selisih gol atas zona degradasi.

Namun setidaknya timnya memperlihatkan semangat, membalikkan ketinggalan 1-3 untuk unggul 4-3 sebelum Llorente mengemas dua gol mengejutkan.

Terdapat drama larut pula di markas Leicester City, di mana Islan Slimani mencetak gol penalti pada menit ke-94, penalti kedua Leicester pada laga ini, yang berakhir imbang 2-2 setelah Alvaro Negredo berpikir ia telah tampil cukup baik untuk mengamankan kemenangan tandang langka bagi Middlesbrough melalui kontribusi gol-golnya.

Persaingan di dasar klasemen terlihat semakin sengit dengan hanya enam angka yang memisahkan sepuluh tim.

Meski Hull City tetap berada di dasar klasemen, penampilan yang cukup baik di babak kedua membuat mereka bermain imbang 1-1 dengan West Bromwich Albion, di mana Michael Dawson menyamakan kedudukan pada menit ke-72.

Penerjemah: A.R.A Adipati/I. Suhirwandi.

Pewarta:

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016