Fakultas Psikologi Universitas Pancasila Jakarta kembali melaksanakan Temu Ilmiah Nasional (TIN) di tahun 2023 yang rutin dilakukan dalam 2 tahun sekali.

Dekan Fakultas Psikologi Universitas Pancasila Silverius Y. Soeharso, S.E., M.M., M.Psi., Psikolog, di Jakarta, Selasa mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan nuansa akademik serta atmosfir ilmiah sehingga terus terjaga pada civitas akademika Fakultas Psikologi Universitas Pancasila ataupun peserta yang mencintai dunia penelitian.
 

"Kami terus mendorong dan memfasilitasi Dosen ataupun Mahasiswa untuk mempublikasikan tulisannya, baik itu dalam jurnal nasional hingga internasional," katanya.

Baca juga: UP jalin kerja sama LLDIKTI ciptakan kampus tanpa batas

Temu Ilmiah Nasional ini diikuti oleh peneliti, pelajar, praktisi, hingga masyarakat umum untuk dapat saling berbagi mengenai hasil penelitian.

TIN FPsi UP 2023 bertemakan: “Psikologi Bisnis dan Dunia Kerja di Era Digital (Business Psychology and Work Life in the Digital Era)”.

Banyak perilaku-perilaku baru yang perlu dikaji dan dicarikan solusinya bersama, jika perilaku itu dianggap akan merugikan dunia bisnis dan kerja.

Dikatakannya adapun dari kegiatan ini diharapkan informasi tidak hanya berhenti pada hasil penelitian saja, namun juga untuk dapat selanjutnya diimplementasikan pada masyarakat, salah satunya dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Baca juga: Tim Wheelchair FTUP perkenalkan prototipe beta kursi roda penyandang disabilitas

Hal tersebut adalah karena Dekan Fakultas Psikologi Universitas Pancasila berpendapat bahwa penelitian dan pengabdian adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan.

Hasil penelitian dapat segera diimplementasikan ke dalam kegiatan ataupun hal yang dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.

Oleh karena itu, melalui kegaitan Temu Ilmiah Nasional ini (TIN), diharapkan dapat menjadi awal dari implementasi dalam bentuk pengabdian.

Temu Ilmiah Nasional 2023 mengundang keynote speaker dan Narasumber yang luar biasa, di antaranya adalah Dr. Hj. Ida Fauziyah, M.Si. (Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia), yang berhalangan untuk hadir dan diwakilkan oleh Gilang Amaldi (Koordinator Pembinaan Penyelenggaraan Pelatihan Vokasi Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas).

Baca juga: Fakultas Hukum UP gelar seminar Internasional bahas layanan apostille

Dalam materinya, disampaikan arahan serta road map untuk dapat mengembangkan Sumber Daya Manusia yang semakin berkualitas di depannya.

Selain itu, Temu Ilmiah Nasional juga diisi oleh Narasumber lain yang juga luar biasa, yaitu Dr. Ir. Yunus Triyonggo, MM., CAHRI (Ketua GNIK), Prof. Corryna D. S. Riantoputra, M.Com, Ph.D (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia), Prof. Akira Tsuda, Ph.D (Teikyo University of Science, Tokyo, Jepang), dan Willy Saelan (HR Director PT Unilever Indonesia Tbk).

Dekan Fakultas Psikologi Universitas Pancasila juga menjelaskan bahwa selain Temu Ilmiah Nasional, Fakultas Psikologi Universitas Pancasila mengadakan kegiatan ilmiah dengan skala internasional, yaitu ICPIBS (The International Conference On Psychology & Interdisciplinary Behavorial Studies (ICP-IBS) yang sudah pernah diselenggarakan pada tahun 2022 dan akan kembali diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi Universitas Pancasila pada tahun 2024. 

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023