Analis Komunikasi Politik Hendri Satrio atau ketap disapa Hensat menyampaikan pembatasan usia calon presiden dan wakil presiden maksimal 70 tahun. 

"Patokan usia ini hendaknya memenuhi rasa keadilan," kata Hendri Satrio di Karawang, Selasa.

Gugatan persyaratan batas usia capres dan cawapres di Pasal 169 huruf q UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang saat ini tengah ditangani Mahkamah Konstitusi. 

Pasal tersebut mengatur persyaratan capres-cawapres dengan batas usia minimal 40 tahun namun tidak ada aturan soal batas usia maksimal dalam pasal tersebut.

Hensat menyampaikan, demi memenuhi rasa keadilan dan bersandar pada open legal policy, maka batas usia capres seharusnya dibatasi, maksimal 70 tahun.

Hal ini sesuai dengan batas usia pensiun hakim agung. Dengan begitu, batas usia ini akan sesuai dengan peraturan.

“Batas usia maksimal 70 tahun ini memiliki open legal policy dan ada sandaran hukumnya”, katanya.

Menurut dia, patokan usia capres dan cawapres tersebut hendaknya memenuhi rasa keadilan. 

Ia mengaku yakin batas usia maksimal hingga 70 tahun pada hakim agung telah berdasarkan studi dan pertimbangan yang matang sebelum ditetapkan.

“Berbagai aspek seperti psikologi, kemampuan fisik dan lainnya pasti telah dipikirkan seksama dan gugatan baru ke depan mengapa harus angka 70 tahun, akan dapat diminimalisasi,” katanya.

Dikatakannya, hal itu lebih dapat memenuhi unsur keadilan dan memiliki argumentasi hukum serta kenegaraan yang lebih jelas.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023