Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Mikro Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok Iskandar Zulkarnain berharap inovasi Startup dapat membantu pemerintah dalam memecahkan permasalahan di Depok.

"Pemkot Depok berkomitmen memfasilitasi para anak muda milenial yang sedang mengembangkan perusahaan rintisannya atau startup agar menjadi lebih besar lagi," kata Iskandar Zulkarnain di Depok, Kamis.

Ia mengatakan ada 30 startup asal Kota Depok Jawa Barat mempresentasikan hasil karyanya kepada para investor lokal dan nasional dalam ajang Pitching Day Startup Program Wirausaha Baru.

Baca juga: Pemkot Depok paparkan program inovasi dalam upaya penurunan angka stunting

Mereka menyajikan hasil produk inovasinya setelah mengikuti rangkaian pendampingan selama kurang lebih dua bulan yang diberikan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemkot Depok adalah menggelar pelatihan atau pendampingan bagi startup selama dua bulan. Di sana, mereka didorong mengulik ide kreatif untuk pengembangan usahanya.

"Pitching Day ini adalah pertemuan terakhir rangkaian pelatihan, mereka memaparkan hasil inovasi dan ilmu yang sudah didapat ke investor, nanti investor langsung yang menilai mana yang bisa dipakai untuk perusahaannya," jelas Zul.

Baca juga: Mewujudkan layanan mudah dan cepat kependudukan Kota Depok dengan inovasi

Zul menuturkan, para startup yang mengikuti pelatihan dan pendampingan ini terdiri dari klaster sanitasi/IOT, pendidikan, pemberdayaan UMKM, Digital Marketing dan Public Relation, kesehatan, digitalisasi koperasi, kuliner, dan fintech property.

"Inovasi yang mereka punya ini diharapkan dapat membantu pemerintah memecahkan permasalahan di Depok," tuturnya.

Dalam membina para startup DKUM menggandeng Kode Creative Hub, yang merupakan wadah berkumpulnya komunitas bisnis di Kota Depok.

Baca juga: BKD Depok kembangkan inovasi layanan pembayaran PBB online

"Dengan adanya program ini yang kami jadikan sebagai pilot project perdana, bagaimana keberhasilan dari sini anak muda di Depok bisa mengetahui manfaat dari startup," ujarnya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023