Ratusan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, meraih keuntungan hingga miliaran rupiah saat pertunjukan air mancur Taman Air Mancur Sri Baduga pada akhir pekan lalu.

Sekretaris Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Purwakarta, Eka Sugriana, di Purwakarta, Senin, menyebutkan kalau pertunjukan air mancur yang dikunjungi ribuan wisatawan dari berbagai daerah berdampak positif terhadap pengembangan perekonomian

Hal itu terwujud dengan digelarnya wisata kuliner di sekitar Taman Air Mancur Sri Baduga, yang waktunya bersamaan dengan pertunjukan air mancur.

Baca juga: Purwakarta manfaatkan pertunjukan air mancur Taman Sri Baduga untuk pasarkan UMKM

Ia mengatakan, sebanyak 120 pelaku UMKM berpartisipasi dalam kegiatan wisata kuliner di akhir pekan lalu.

Sesuai dengan data Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Purwakarta, sedikitnya Rp1,7 miliar berhasil diraih ratusan UMKM selama pertunjukan air mancur.

Disebutkan, besarnya angka itu dihasilkan dari berbagai pemasaran produk UMKM yang meliputi produk kuliner, kerajinan tangan dan berbagai produk kreatif lainnya.

Baca juga: Sebanyak 6 ribu produk UMKM di Purwakarta tahun ini ditargetkan dapat label halal

Berbagai barang dagangan mereka banyak diserbu puluhan ribu pengunjung yang datang dari berbagai daerah yang ingin menyaksikan pertunjukan air mancur berjoget di Purwakarta.

Hal itu, kata Eka, sesuai dengan proyeksi Pemkab Purwakarta yang memanfaatkan pertunjukan air mancur untuk menarik sebanyak-banyaknya wisatawan, sekaligus mendongkrak peningkatan perekonomian masyarakat dan perekonomian daerah.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyampaikan, pertunjukan air mancur Sri Baduga yang telah digelar pada akhir pekan ini mendongkrak peningkatan ekonomi masyarakat dan perekonomian daerah.

Baca juga: Sebanyak 750 UMKM di Purwakarta akan ikuti pelatihan digitalpreneur

"Ribuan pengunjung dari berbagai daerah datang ke Purwakarta pada Sabtu malam Minggu lalu, dan mereka jajan berbagai jenis produk UMKM lokal Purwakarta," kata bupati.

Ia mengatakan, pertunjukan air mancur berjoget itu dipadukan dengan dibukanya wisata kuliner di sepanjang jalan sekitar Taman Sri Baduga.

Jajanan yang disajikan oleh para pedagang di wisata kuliner tersebut di antaranya sate maranggi, bakakak (ayam bakar khas Sunda), serta makanan dan minuman siap saji lainnya.
 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023