Bekasi (Antara Megapolitan) - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menjanjikan pemberian insentif kepada para veteran kemerdekaan yang tinggal di wilayahnya mulai 2017.

"Hal ini dilakukan sebagai bentuk perhatian dari pemerintah daerah atas jasa-jasa pahlawan kemerdekaan," kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di Bekasi, Kamis.

Menurut dia, pihaknya akan memberikan insentif sebesar Rp1 juta pada masing-masing warga yang berstatus sebagai mantan pejuang kemerdekaan di Kota Bekasi.

"Ketua RT saja kita kasih, hansip, kader Posyandu pun diberikan insentif, maka digaribawahi veteran pun akan kita berikan insentif," ujarnya.

Janji itu dikatakan Rahmat usai memimpin jalannya upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional di Alun-alun Kota Bekasi, Kamis.

"Akan kita ajukan dalam pembahasan APBD 2017, Dinsos pun akan mendata jumlah veteran yang ada di Kota Bekasi," katanya.

Terkait rencana ini, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bekasi, Junaedi mengatakan pihaknya akan segera mendata jumlah veteran yang tinggal di wilayahnya.

"Selama ini seluruh veteran yang ada di Kota Bekasi memiliki kantor sekretariat di daerah Jatiasih," katanya.

Mendata veteran di Kota Bekasi, kata dia, tidaklah sulit, sebab selain mereka punya wadah, para veteran juga memegang Surat Keputuasan (SK) yang menyatakan dirinya adalah seorang veteran.

"Meskipun pangkatnya rendah sekelas kopral sekalipun tetap akan kita berikan insentifnya," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016