Polres Sukabumi Kota menggelar kegiatan preemtif dan preventif melalui program police goes to school,  dengan tujuan mencegah kenakalan remaja sekaligus meningkatkan kesadaran pelajar untuk ikut mewujudkan kondusivitas kamtibmas.

"Program 'police goes to school' menjadi salah satu inovasi yang gencar kami lakukan untuk meningkatkan kesadaran para pelajar terhadap kamtibmas. Serta mencegah pelajar terjerumus kepada berbagai aksi kenakalan remaja yang berujung kepada tindakan kriminal," kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP Ari Setyawan Wibowo usai memberikan penyuluhan di SMK Pertanian Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Jabar pada Senin.

Menurut Ari, penyuluhan kamtibmas untuk pelajar ini penting dilakukan untuk meningkatkan kesadaran mereka agar mau berperan aktif dalam menjaga kamtibmas khususnya mencegah terjadinya aksi kenakalan remaja.

Baca juga: Polres Sukabumi Kota sita puluhan unit kendaraan berknalpot brong

Kegiatan "police goes to school' juga dilaksanakan oleh para pejabat Polres Sukabumi Kota serta polsek di beberapa tingkatan sekolah di daerah Kota dan Kabupaten Sukabumi yang masuk dalam wilayah hukum Polres Sukabumi Kota.

Di tempat yang sama, Kasi Humas Polres Sukabumi Kota Iptu Astuti Setyaningsih mengatakan dalam program ini, polisi melakukan kunjungan ke sekolah untuk melakukan pembinaan dan penyuluhan kamtibmas terhadap pelajar sekolah.

Pada kegiatan tersebut, personel Polres Sukabumi Kota memberikan berbagai edukasi mulai dari cara mencegah aksi kenakalan remaja, penyalahgunaan dan peredaran narkoba hingga mengajak pelajar untuk ikut berperan aktif dalam menjaga kamtibmas minimal di lingkungan sekolah maupun tempat tinggalnya.

Baca juga: Polres Sukabumi Kota sita seratusan kendaraan berknalpot bising

Bahkan dalam program pembinaan ini, pelajar pun diberikan informasi bahwa Polri tidak segan memberikan tindakan tegas kepada siapapun yang mengganggu keamanan apalagi sampai meresahkan masyarakat.

"Diharapkan melalui program ini kesadaran pelajar terhadap kamtibmas bisa meningkat sehingga mendukung terciptanya situasi keamanan yang kondusif," tambahnya.

Astuti mengatakan peran pelajar dalam menjaga kamtibmas sangatlah penting, seperti ikut mencegah terjadinya aksi kenakalan remaja (tawuran, geng motor dan lain-lain) dengan saling mengingatkan antarteman. Kemudian mencegah penyalahgunaan dan peredaran narkoba, karena selain bisa berurusan dengan hukum juga nyawa menjadi taruhan.

Baca juga: Polres Sukabumi Kota tangkap dua remaja membawa senjata tajam

Selanjutnya, pelajar bisa ikut berperan dengan cara memberikan informasi kepada pihak kepolisian jika mengetahui atau melihat adanya aksi maupun potensi gangguan keamanan. Sehingga dengan informasi itu, berbagai tindak kriminalitas yang terjadi bisa cepat dicegah ataupun ditangani.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023