Sebanyak 27 wilayah kota dan kabupaten se-Jawa Barat turut memeriahkan puncak peringatan Hari Koperasi Nasional ke-76 tingkat provinsi itu yang digelar di Central Park Meikarta Cikarang, Kabupaten Bekasi 27-29 Juli 2023.

Beragam stan unit usaha koperasi dari masing-masing kota dan kabupaten di Jawa Barat turut menghadirkan produk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) unggulan masing-masing wilayah.

"Kami dari Koperasi Kopkusi Kabupaten Sukabumi turut hadir pada Hari Koperasi Nasional ke-76 di Kabupaten Bekasi ini. Acaranya keren dan tempat luas sekali. Harapannya semoga koperasi Indonesia semakin kompak dan kita bangga menjadi Koperasi Indonesia Maju," kata Pejabat Fungsional Diskumindag Kabupaten Sukabumi Eros Rosmiati di Cikarang, Kamis, dari peserta Kabupaten Sukabumi.

Baca juga: Bekasi tuan rumah Hari Koperasi ke-76 tingkat Jabar

Antusiasme tinggi pada kemeriahan Hari Koperasi Nasional ke-76 di Kabupaten Bekasi ini juga disampaikan Analis Kebijakan Kota Depok, Deriko Widodo.

Stan koperasi milik Kota Depok menjadi salah satu titik yang paling menyedot perhatian pengunjung termasuk Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Razhanul dan Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan karena membawa kuali berukuran besar berisi dodol khas dari wilayah itu.

"Harapan kami dari pelaku usaha mikro Kota Depok dan koperasi, dengan adanya kegiatan seperti ini bisa meningkatkan omzet para pelaku usaha mikro dan koperasi," kata Deriko.

Kemudian perwakilan dari Koperasi Aikma asal Kabupaten Purwakarta Mujada yang membawa produk-produk unggulan dari daerah itu juga mengaku senang dan puas dengan kegiatan peringatan Hari Koperasi Nasional ke-76 di Kabupaten Bekasi.

"Alhamdulillah kita membawa produk-produk unggulan kita seperti simping, rengginang, roti abon, dan air jamu-jamuan serta batik khas Purwakarta. Harapannya semoga event besar seperti ini menjadi wadah untuk memperkenalkan produk-produk usaha kami kepada rekan-rekan dari daerah lain," ucap Mujada.
Stan koperasi Kabupaten Bogor, Jawa Barat dengan produk unggulan kopi khas Leuwiliang diolah secara tradisional dan memiliki cita rasa khas dibandingkan kopi jenis lain. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).
Sementara itu, Kepala Bidang Kelembagaan dan Pemberdayaan Koperasi UKM Kabupaten Bogor Asep Sumaryo juga turut memperkenalkan salah satu produk unggulan berupa kopi khas Leuwiliang yang diolah secara tradisional dan memiliki cita rasa khas dibandingkan kopi jenis lain. 

Stan koperasi dari Kabupaten Bogor juga menjadi salah satu lokasi yang cukup ramai didatangi para pengunjung untuk sekedar menikmati olahan kopi sambil menyaksikan acara yang tengah berlangsung.

"Harapan saya dengan peringatan Hari Koperasi yang ke-76 tingkat Provinsi Jawa Barat ini bisa lebih mengembangkan sektor koperasi sehingga masyarakat yang menjadi anggota koperasi semakin sejahtera," kata Asep.

Baca juga: Wagub Jabar minta koperasi bertransformasi memanfaatkan teknologi digital

 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023