Purwakarta (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat akan membangun taman senyap khusus bagi masyarakat yang ingin merenung di kawasan Situ Wanayasa.

"Kami menyiapkan sekitar Rp40 miliar untuk merealisasikan pembangunan taman senyap itu," kata Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, di Puwakarta, Sabtu.

Ia mengatakan taman senyap yang akan dibangun di kawasan Situ Wanayasa, Kecamatan Wanayasa, Purwakarta tersebut sudah lama direncanakan dan akan segera direalisasikan dengan menggunakan anggaran sekitar Rp40 miliar.

Pembangunan taman senyap dibangun untuk melengkapi aneka jenis taman yang telah dibangun di sejumlah titik sekitar Purwakarta.

Di taman senyap itu nantinya setiap pengunjung tidak dibolehkan untuk membawa piranti digital ketika hendak masuk ke areal taman tersebut.

Sebab keberadaan taman senyap ialah untuk menyepi, kontemplasi atau merenung, dengan konsep kembali dan bergabung dengan alam.

Pembangunan taman senyap menjadi bagian dari pengembangan objek wisata di Purwakarta, sekaligus memperbanyak pilihan bagi pengunjung objek wisata.

Sementara itu, Situ Wanayasa pada awalnya hanya sebuah danau yang dikelola Perusahaan Jasa Tirta Jatilihu II Jatiluhur, dan kini kewenangan pengelolaannya dilimpahkan ke Pemkab Purwakarta.

Situ Wanayasa dari dahulu sudah menjadi tujuan wisata alam yang banyak menarik pengunjung. Tapi pengelolaan danau ini sebelumnya kurang optimal dan baru akan dilakukan pengembangan taman senyap di kawasan Situ Wanayasa.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016