Pengelola Rumah Sakit Hermina Depok menjelaskan penyebab kebakaran yang terjadi di area dapur rumah sakit pada Sabtu (22/7) malam.

"Dari dapur, di area dapur (asal api). Tidak ada kebocoran. Karena memasak, ada hal yang memicu..., jadi ada api," kata Direktur Rumah Sakit Hermina Depok Lies Nugrohowati di Depok, Minggu.

"Dapur Rumah Sakit Hermina untuk memasak keperluan makan pasien dan keluarga pasien," ia menambahkan.

Ia menyampaikan bahwa Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok berhasil memadamkan kebakaran yang terjadi pada Sabtu (22/7) pukul 22.00 WIB di area dapur rumah sakit dalam waktu sekitar 30 menit.

Baca juga: Ini tips dari Damkar Depok cegah kebakaran saat mudik

Menurut dia, pengelola rumah sakit sudah menjalankan upaya penanganan pertama sebelum petugas pemadam kebakaran tiba.

"Kami punya manajemen risiko. Kebakaran itu bisa terjadi, apalagi di area pantry. Memang di situ terjadi, tapi kami fokus terhadap penanganan, karena kami selalu dilatih bagaimana kalau terjadi kebakaran, yang dilakukan begini, itu yang sudah kami lakukan," katanya.

Ia menjelaskan, tim langsung digerakkan untuk mengaktifkan semua alat pemadam api dan hidran kemudian menghubungi dinas pemadam kebakaran setelah kebakaran terjadi.

"Kami lakukan secara prosedur sehingga diharapkan memang tidak panik, itu ada kodenya. Namanya kode merah. Memang yang tahu adalah petugas yang berfungsi, agar pasien tenang, karena kalau tidak tenang semua berebut, itu lebih berisiko," katanya.

Baca juga: Pemkot Depok minta warga waspada potensi kebakaran saat libur Natal-tahun baru

"Makanya kemarin saya bersyukur. Jadi, pelan-pelan dievakuasi, jadi tidak ada rebutan tidak ada yang cedera, tidak ada yang jatuh," ia menambahkan.

Lies mengatakan bahwa para petugas dan pasien baru masuk kembali ke ruangan rumah sakit setelah kebakaran dipadamkan dan petugas menyampaikan kode aman.

"Jam 00.45 pasien sudah dapat masuk. Sekarang sudah normal," katanya.

Dia mengatakan bahwa kebakaran tidak sampai menimbulkan korban.

"Aman. Tidak ada korban jiwa, tidak ada korban yang lain... Kami sudah dipandu oleh petugas terlatih," katanya.

Baca juga: Rutan Depok rutin lakukan deteksi dini pencegahan kebakaran

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok Welman Naipospos menyampaikan bahwa kebakaran terjadi di ruangan dapur yang berada di lantai lima gedung Rumah Sakit Hermina.

"Kita dihubungi oleh pihak rumah sakit. Sebelumnya sudah ditangani... Anggota kami diminta untuk memadamkan api," kata Welman.

"Api tidak menjalar ke mana-mana. Ruang yang terbakar dapur di lantai lima," katanya, menambahkan, upaya pemadaman api berlangsung sekitar 30 menit.
 

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023