Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, Jawa Barat, mengatakan puluhan ribu pengunjung atau wisatawan datang ke kabupaten tersebut pada libur panjang Hari Raya Idul Adha tahun ini.

"Kita telah menunjukkan mampu memanfaatkan peluang untuk mendatangkan wisatawan," kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, di Purwakarta, Jumat.

Ia menyampaikan kunjungan puluhan ribu wisatawan dari berbagai daerah itu merupakan bukti bahwa berbagai destinasi wisata Purwakarta memang memiliki pesona dan daya tarik yang tinggi.

Sesuai dengan data Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Purwakarta, sebanyak 44.113 wisatawan tercatat berkunjung ke sejumlah tempat wisata di Purwakarta selama libur Hari Raya Idul Adha pada 28 Juni-2Juli 2023.

Baca juga: Pengunjung padati objek wisata Cikao Park Purwakarta pada libur panjang Idul Adha

Para wisatawan itu mengunjungi 37 berbagai jenis destinasi wisata di Purwakarta yang meliputi wisata alam, wisata kuliner, dan wisata budaya.

Meski, menurut dia, angka belum ada angka resmi, tapi bisa dipastikan kunjungan puluhan ribu wisatawan tersebut menghasilkan pendapatan dalam jumlah besar bagi pelaku pariwisata Purwakarta.

Jika satu wisatawan membelanjakan Rp100 ribu hingga Rp200 ribu saja selama berwisata ke Purwakarta, kata dia, maka bisa diperoleh penerimaan antara Rp4,411 miliar hingga Rp8,822 miliar selama libur panjang Hari Raya Idul itu.

Baca juga: Pemkab Purwakarta siap jaring wisatawan pada momentum libur panjang Idul Adha

Jumlah tersebut disebutkan merupakan angka yang cukup besar yang bisa mengalir kepada para pelaku usaha sektor pariwisata di Purwakarta.

"Untuk jumlah pendapatan pastinya dari puluhan ribu pengunjung wisata, masih dikalkulasi dengan cermat oleh dinas terkait," katanya.

Kepala Disporaparbud Purwakarta Mochamad Ramdhan menyampaikan dari puluhan destinasi wisata di Purwakarta, ada tiga destinasi wisata favorit yang paling banyak dikunjungi, antara lain wisata kuliner Sate Maranggi Haji Yetty dengan jumlah 12.184 wisatawan, wisata Taman Batu Cijanun dengan 3.847 wisatawan, serta  wisata Cikao Park dengan 3.404 wisatawan.

Baca juga: Disporaparbud: Jumlah kunjungan wisata selama libur lebaran di Purwakarta memuaskan

"Untuk ke depan kita ingin semua destinasi wisata di Purwakarta juga semakin meningkat kunjungan wisatawannya. Kita akan terus benahi sehingga semua destinasi wisata menjadi tujuan favorit para wisatawan yang datang dari berbagai daerah," katanya. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023