Depok (Antara Megapolitan) - Pemenang Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) IX/2016 yang berlangsung di Universitas Indonesia (UI) memperoleh total hadiah uang tunai untuk pengembangan produk inovatif sebesar Rp240 juta.

Kepala Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UI, Rifelly Dewi Astuti di Kampus UI Depok, Kamis mengatakan para pemenang kategori lomba Pengembangan Aplikasi Permainan, Pengembangan Perangkat Lunak, Piranti Cerdas dan embedded system, Pengembangan Bisnis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan e-Government berkesempatan memperoleh WildCard Ticket ke Semi Final Microsoft Imagine Cup Indonesia (www.imaginecup.com)

Ia mengatakan rangkaian kegiatan Gemastik 9 terdiri atas perlombaan di bidang TIK, Seminar, Pameran hasil karya Finalis Gemastik 9 dan sponsor, serta Pentas Budaya dan Keseniaan.

Sepuluh kategori lomba bidang TIK yang dikompetisikan pada Gemastik IX/2016 adalah Pemrograman, Pengembangan aplikasi permainan, Pengembangan perangkat lunak, Data mining, Keamanan jaringan dan sistem informasi, Animasi, Piranti cerdas and embedded system, Desain User Experience (UX). Selanjutnya pengembangan bisnis TIK, E-Government.

Kegiatan Gemastik IX/2016 di Balairung UI merupakan pelaksanaan Babak Final untuk kesepuluh kategori tersebut.

Para peserta yang berpartisipasi merupakan para finalis yang telah melewati babak penyisihan yang dilakukan sejak Juli 2016.

Sejumlah perguruan tinggi yang berhasil menjadi finalis diantaranya Universitas Bina Nusantara (5 tim), Institut Pertanian Bogor (7 tim), Universitas Gadjah Mada (12 tim), Institut Teknologi Bandung (13 tim), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (14 tim) dan Universitas Indonesia (19 tim).

Salah satu kategori lomba yang menarik adalah Desain User experience atau disingkat UX. Pada ajang ini, para finalis diminta untuk menciptakan produk TIK yang berorientasi pada kenyamanan dan kemudahan pengguna.

Seperti finalis dari UGM akan mempresentasikan hasil karyanya berjudul Cari Donor. Demikian pula para mahasiswa UI finalis lomba Desain UX akan mempresentasikan Sayur in Go! dan Transmeet Smart Bus Shelter.

Lebih lanjut, pada kategori lomba Data Mining, terdapat sejumlah judul menarik yang akan dipresentasikan oleh para finalis, diantaranya Analisis dan Deteksi Kepadatan Lalu Lintas Jakarta dengan Implementasi Deep Learning Menggunakan Data Citra Pantauan CCTV.

Berikutnya Deep Learning menggunakan Restricted Boltzmann Machine untuk Prediksi Hujan, Analisis Clustering Daerah Rawan Gempa dan Prediksi Frekuensi Gempa Merusak (lebih dari 5 SR) diwilayah Indonesia. 

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016