Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia Erick Thohir bakal mendorong peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Indonesia ke dalam ekosistem industri sepak bola di tanah air yang saat ini memiliki potensi tujuh triliun rupiah.

Hal itu disampaikan oleh Erick di Jakarta, Sabtu, di sela-sela kunjungannya untuk membeli jersei untuk kesiapan jelang FIFA matchday antara Indonesia melawan Argentina yang bakal digelar pada 19 Juni mendatang.

"Produk-produk ini (merchandise) buatan Indonesia.  Kami (PSSI) mendorong UMKM Indonesia untuk menjadi ekosistem industri sepak bola (tanah air)," kata Erick Thohir dalam sesi kunjungannya di Garuda Store, komplek stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Baca juga: Ketum PSSI sebut Liga 1 2023/2024 musim depan punya banyak terobosan baru
Baca juga: Ketua Umum PSSI tegaskan tiket Indonesia vs Argentina lebih murah dari di China

Erick memaparkan bahwa industri sepak bola Indonesia diperkirakan perputaran ekonominya mencapai tujuh triliun rupiah.

"Karena kalau kami lihat data-data ekonomi sepak bola Indonesia itu bisa mencapai tujuh triliun Rupiah. Memang penelitiannya belum keluar, sabar. Mudah-mudahan sampai akhir tahun ini atau beberapa bulan ke depan bisa keluar penelitiannya," kata Erick.

Erick juga mengapresiasi bantuan dari segala komponen yang membantu industri sepak bola Indonesia seperti dibuktikan dengan terjual habisnya tiket FIFA matchday antara Indonesia melawan Palestina dan Indonesia melawan Argentina.

Baca juga: Bima Sakti apresiasi kinerja Erick Thohir di PSSI

"Kami memastikan bahwa industri sepak bola ini diapresiasi. Bisa lihat kemarin, tiket pertandingan Palestina dan Argentina terjual habis. Ini pertama kalinya dalam sejarah pertandingan persahabatan tiket bisa terjual habis," ungkap Erick yang juga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu.

Pewarta: Fajar Satriyo

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023