Pakar Tumbuh Kembang Pediatri Sosial Anak Prof Dr dr Meita Dhamayanti mengatakan keselamatan anak di jalan raya, utamanya saat berkendara, perlu disesuaikan dengan usia.

“Mengenalkan keselamatan di jalan raya pada anak memang bisa sedini mungkin, tetapi perlu disesuaikan perkembangan dan kemampuan kognitif, beberapa riset mengatakan, usia 4-5 tahun itu sudah paham konsep bahaya. Jadi kita boleh mengenalkan sebelum itu,” kata Meita pada diskusi yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa.

Menurut standar World Health Organization (WHO), lanjutnya, usia anak di bawah satu tahun tidak diperbolehkan berpergian dengan kendaraan roda dua, karena postur, kemampuan motorik anak belum memadai untuk hal tersebut, sehingga lebih aman untuk menggunakan kendaraan roda empat atau kendaraan umum.

“Kita lihat untuk sepeda motor, dianjurkan untuk tidak membawa anak di bawah satu tahun sebetulnya, untuk keamanan maksimal atau maximum safety itu tidak boleh. Tetapi karena kita di negara berkembang, mau dibawa pakai apa lagi? Jadi WHO juga menyarankan, lebih baik ada tempat lagi di sebelah motornya untuk membawa anak, tetapi pengendara juga harus lihai mengendalikannya,” kata Meita.

Baca juga: KNKT ajak pemangku kepentingan tingkatkan keselamatan berkendara
Baca juga: Tiga menteri kampanyekan 'Road Safety Campaign' di UGM

Ia menuturkan kendaraan roda empat memang paling aman digunakan untuk membawa anak di bawah usia satu tahun. Untuk itu perlu bagi orang tua untuk mempertimbangkan penggunaan tempat duduk khusus anak di mobil atau car seat.

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023