Komite Paralimpiade Nasional (NPC) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, turut bangga karena atlet mereka sukses menyumbangkan medali emas untuk Kontingen Indonesia pada agenda multicabang disabilitas ASEAN Para Games 2023 di Kamboja pada 3-9 Juni.

"Pada olahraga penyandang disabilitas antarnegara Asia Tenggara, atlet kita berhasil menyumbangkan tujuh medali untuk Indonesia dan satu di antaranya medali emas," kata Ketua NPC Kabupaten Bekasi Kardi Leo di Cikarang, Sabtu.

Ia mengatakan medali emas tersebut disumbangkan atlet dari cabang olahraga voli duduk Nesa Kristanto.

Baca juga: ASEAN Para Games 2023 di Kamboja resmi ditutup, Thailand jadi tuan pada 2026

Selain satu medali emas, atlet NPC Kabupaten Bekasi juga menyumbang tiga perak untuk Indonesia yang diperoleh Sutarno dari cabang para atletik, Titin cabang Long Ball, serta Nesa Kristanto.

Selain itu, tiga perunggu juga turut disumbangkan Sutarno di cabang olahraga atletik sebanyak dua medali, dan satu lainnya oleh Arnes dari cabang goal ball.

"Total atlet kita berhasil mengemas satu medali emas, tiga medali perak, dan tiga perunggu," katanya.

Kardi berharap capaian prestasi tersebut menjadi motivasi bagi atlet binaan lain yang ada di Kabupaten Bekasi. Terutama, bagi atlet yang saat ini tengah dipersiapkan menghadapi Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) Aceh-Sumut 2024.

Baca juga: Melihat mukjizat Tuhan yang nyata

"Semoga raihan atlet di ASEAN Para Games ini menjadi motivasi bagi atlet yang saat ini dipersiapkan untuk Peparnas," katanya.

Dia mengaku saat ini sudah ada 16 atlet binaan NPC Kabupaten Bekasi yang masuk pemusatan latihan daerah atau Pelatda Kontingen Provinsi Jawa Barat.

"Semoga terus bertambah. Hasil sementara baru 16 yang masuk pelatda untuk Peparnas. Kita menargetkan 50 atlet Kabupaten Bekasi masuk seleksi. Mohon doa dari masyarakat," ucap dia.

Baca juga: Indonesia juara umum bulu tangkis ASEAN Para Games 2023 Kamboja

Anggota Bidang Prestasi (Binpres) NPC Kabupaten Bekasi Rudi Hartono mengatakan, atlet binaan Kabupaten Bekasi yang turun di ASEAN Para Games ditargetkan meraih medali emas dari lima cabang olahraga.

"Sebetulnya kami menargetkan lima cabang olahraga untuk meraih emas. Namun hasil tersebut sudah maksimal. Semoga capaian ini bisa mendorong semangat pembinaan Kabupaten Bekasi. Sehingga pada tingkat nasional (Peparnas) nanti bisa meraih hasil terbaik bagi Jawa Barat," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023