Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) serta Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) menggelar aksi bersih-bersih Cibinong Situ Plaza.

"Kita minta teman-teman yang biasa di sungai untuk turun, menyisir, mengangkut sampah-sampah atau lumut-lumut yang ada di sekitar wilayah setu," kata Kabid Pengelolaan Sampah DLH Kabupaten Bogor Ismambar Fadli Masnen di Cibinong, Rabu.

Ia menyebutkan bahwa aksi menciptakan kebersihan dan kenyamanan lingkungan Cibinong Situ Plaza juga melibatkan Pramuka Kwarcab Kabupaten Bogor.

Baca juga: Pemkab Bogor akan lengkapi Taman Cibinong Situ Plaza fasilitas komersil

Fadli mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan tanggung jawab terhadap penanganan sampah.

"Jadi kalau misalkan sedang berekreasi di sekitar situ, mari, sampahmu menjadi tanggung jawabmu, sampahku menjadi tanggung jawabku, sesuai dengan hati nurani yang kita miliki," kata dia.

Kepala DPKPP Kabupaten Bogor Ajat Rohmat Jatnika menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Bogor segera melengkapi Taman Cibinong Situ Plaza dengan fasilitas-fasilitas komersil, mulai dari kafe hingga olahraga jetski.

"Akan ada semacam kafe untuk memfasilitasi kegiatan komersilnya. Nanti ada jetski, perahu angsa, dan lainnya," ungkap dia.

Baca juga: Pemkab Bogor lengkapi Taman Situ Plaza Cibinong dengan aviari dan satwa

Ia menjelaskan pengelolaan fasilitas komersil tersebut akan diserahkan kepada PT Sayaga Wisata yang merupakan salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Bogor.

"Ini kan di area publik, jadi harus ada yang merawat. Karena itu kan tanah pemda, jadi bentuknya kerja sama dengan Sayaga Wisata," katanya.

Selain menambah sejumlah fasilitas komersil, DPKPP juga akan melengkapi Cibinong Situ Plaza dengan area parkir yang memadai dan area masyarakat untuk berolahraga.

"Kita menata area depan parkir Cibinong Situ Plaza. Kemudian buat 'jogging' (jalan kaki) trek di situ sekaligus mengamankan aset pemerintah daerah," katanya.

Baca juga: DPRD Bogor temukan tiang pancang miring di proyek Taman Rp7,2 miliar

Pemerintah Kabupaten Bogor berencana mengubah fungsi gedung kesenian di seberang Cibinong City Plaza menjadi pusat perekonomian masyarakat, berupa tempat kuliner dan kantong parkir.

Pelaksana Tugas Bupati Bogor Iwan Setiawan menyebutkan bahwa Pemerintah Kabupaten Bogor telah menyiapkan anggaran sekitar Rp1 miliar melalui APBD Tahun Anggaran 2023 untuk merevitalisasi gedung kesenian.

“Dengan adanya kantong parkir mungkin akan lebih tertata. Kalau tidak salah ada anggarannya sekitar Rp1 miliar,” kata dia.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023