Taman Nasional Baluran di Kabupaten SItubondo, Jawa Timur, dikenal dengan objek wisata Pasir Putih atau labuhan Merak di Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih.

Sementara untuk objek wisata alam pegunungan yang masih sangat alami dan belum terjamah oleh banyak orang di Kabupaten Situbondo itu adalah Bukit Legend.

Wisata alam Bukit Legend terletak di Desa Selobanteng, Kecamatan Banyuglugur. Desa di wilayah barat Kabupaten Situbondo itu berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo.

Berwisata ke Bukit Legend, dari arah barat perbatasan Situbondo-Probolinggo, sekitar 5 kilometer di sisi kanan (selatan) jalan raya pantura terdapat papan nama Desa Selobanteng, yang menjadi penunjuk jalan menuju wisata alam pegunungan tersebut.
Pemandangan alam menjelang Matahari terbit dari Bukit Legend Desa Selobanteng, kecamatan Banyuglugur, Situbondo, Jatim. ANTARA/Novi Husdinariyanto

Sebagian besar pengunjung wisata alam Bukit Legend memilih menginap dengan mendirikan tenda camping untuk bermalam. Setelah melepas lelah selama menempuh perjalanan yang ekstrem dan memacu adrenalin, mereka menikmati keindahan Matahari terbenam atau sunset sembari menyeruput secangkir kopi.

Di Bukit Legend yang dikelilingi perbukitan lereng Gunung Argopuro ini, wisatawan tak hanya menikmati keindahan Matahari terbenam. bahkan, ketika masih senjapun, mata pengunjung seolah tertahan agar tidak melewatkan keindahan Matahari yang bergerak perlahan menuju peraduannya.

Saat Matahari mulai terbenam yang menandakan berakhirnya aktivitas atau menjadi penanda waktunya untuk beristirahat, menjadi penutup wisatawan menikmati pemandangan alam langit di ujung barat yang tampak berwarna oranye keemasan.

Saat malam tiba, suhu udara dingin mulai dirasakan pengunjung. Beberapa wisatawan bertahan di dalam tenda, dan sebagian wisatawan lainnya menyalakan api unggun untuk sekadar menghangatkan tubuh sembari menyeruput secangkir kopi.

Setelah senja dan sebelum fajar, wisata alam Bukit Legend terasa sunyi, kecuali hanya kicau burung malam yang bersahutan, salah satunya burung hantu. Jenis burung yang aktif pada malam hari ini mengeluarkan pekikan suara berbeda-beda menjadi pengantar tidur.

Sekitar pukul 05.00 WIB, adalah waktu yang ditunggu-tunggu, yakni menjelang Matahari terbit atau sunrise. Waktu fajar hingga matahari terbit merupakan momen penting bagi pengunjung wisata alam Bukit Legend.

Pemandangan indah Matahari terbit dari ufuk timur, menjadi penyemangat wisatawan mengawali hari, setelah tertidur lelap di dalam tenda di atas bukit.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023