Cikarang, Bekasi (Antara Megapolitan) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat berencana mengalih fungsikan Gedung Islami Center menjadi rumah sakit daerah.

"Tetapi perencanaan itu masih menunggu persetujuan dari Bupati Bekasi," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Oded S Yahya di Kabupaten Bekasi, Jumat.

Menurut dia dalam perencanaannya itu guna memberikan pelayanan kepada masyarakat di wilayah utara daerah setempat. Dengan alasan gedung itu sudah lama tidak digunakan padahal telah menelan dana besar.

Oleh sebab itu bila diubah fungsinya menjadi rumah sakit umum daerah setempat akan mudah dalam perawatannya. Dan tidak perlu mengeluarkan anggaran lagi dalam meminimalisir dana pembangunan.

Selain itu, bila disetujui oleh pemerintah daerah setempat masyarakat di daerah utara tidak perlu jauh-jauh melakukan pemeriksaan dari tempat tinggalnya.

Ia menambahkan, pembangunan Gedung Islamic Centre mangkrak sejak beberapa tahun lalu. Pembangunan gedung ini terhenti karena terindikasi korupsi. Salah seorang pejabat Kabupaten Bekasi dipidana dalam kasus korupsi pembangunan Gedung Islamic Centre.

Ini dilakukan guna meningkatkan pelayanan kesehatan untuk warga sekitar. Bila tidak segera ditindak lanjuti surat pengajuan pengambil alihan fungsi ini maka akan semakin tidak terurus gedung tersebut.

Dikarenakan sering digunakan oleh muda mudi sebagai tempat maksiat (mabuk-mabukan, permainan judi, memadu kasih, dan lain sebagainya) serta ada beberapa bagian sudah mulai rusak termakan usia.

Oded menjelaskan dinas kesehatan juga sedang melakukan pembangunan RSUD Cabangbungin, kini masih dalam proses pengerjaan. Ia berharap pembangunan rumah sakit tersebut cepat selesai dikerjakan.

Penambahan fasilitas kesehatan ini dirasa penting dikarenakan masih minimnya ruang kesehatan yang ada di Kabupaten Bekasi dalam hal peningkatan mutu.

Selain itu juga memberikan pemahaman kepada masyarakat sekitar tentang pentingnya kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

"Dengan berkembangnya jaman, banyak virus penyakit bermunculan dan kesehatan tubuh sering kali dilupakan. Oleh sebab itu dengan adanya fasilitas ini diharapkan dapat lebih membantu," ucapnya.

Pewarta: Mayolus Fajar D

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016