Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang menggandeng Komunitas Sepeda Onthel Indonesia (Kosti) Kota Malang siap menggelar karnaval onthel iternasional bertajuk "Semarak Sepeda Onthel Nusantara (Sowan) pada 8-9 Juli 2023.

Humas Sowan 2023, Fiko Dwipio Rahman di Malang, Jawa Timur, Sabtu, mengatakan gelaran Sowan 2023, juga akan menyambangi sejumlah spot pariwisata di Kota Malang serta mencicipi makanan tempo dulu khas kota pendidikan ini.

Menurut dia perhelatan Sowan 2023 pada 8-9 Juli mendatang menjadi salah satu agenda yang paling ditunggu oleh para "onthelis" di Indonesia, apalagi hampir empat tahun acara ini tidak digelar.

Sebelum perhelatan karnaval sepeda onthel internasional tersebut, rangkaian kegiatan dibuka dan diawali dengan acara sekayuh pertemuan yang dilaksanakan pada Minggu (4/6) 2023. Selanjutnya, dilakukan kegiatan kilas tau kayuhku sebagai kampanye sepeda tua kepada masyarakat yang diadakan di area hari tanpa kendaraan bermotor (CFD) di kawasan Jln Besar Ijen dan Kajoetangan Kota Malang.

Pada acara puncak karnaval sepeda onthel atau Sowan 2023, juga digelar bazar makanan tradisional, pagelaran budaya Malang dengan kreasi kostum terunik dari tiap daerah dan dilombakan. Para onthelis, khususnya dari Kota Malang akan mengajak para peserta untuk melihat dan mengenal destinasi wisata Kota Malang yang bekerja sama dengan pemkot setempat.

Sementara itu, Ketua Kosti Kota Malang Endri Mustofa menyampaikan terima kasihnya atas ide luar biasa dari mahasiswa Ilmu Komunikasi UMM tersebut.

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023