Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) menampilkan produk makanan hingga elektronik dalam pameran inovasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bertajuk Alley Market 2023.

Ketua Alley Market 2023 Ghossan Alkurnain di Kampus UI Depok, Jabar, Kamis mengatakan kegiatan ini menjadi wadah bagi sesama mahasiswa untuk berkreasi, berinovasi, dan berkompetisi di pasar bisnis.

"Inovasi dan kompetisi merupakan hal yang perlu dibangun untuk meningkatkan jiwa entrepreneurship," ujarnya.

Baca juga: UI ikut ambil bagian dalam pertemuan AUA President Summit di Kazakhstan

Alley Market 2023: Beat The Competition Through Innovation, yang merupakan wadah untuk mengaplikasikan perencanaan inovasi bisnis dan memberi insight bagi mahasiswa tentang pasar bisnis, diselenggarakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI).

Kegiatan tersebut memperkenalkan produk UMKM sebagai bentuk pengaplikasian mata kuliah Product Exhibition and Advertisement Competition.

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan bisnis mahasiswa, serta memperluas jaringan antar-UMKM. Dengan begitu, karakter entrepreneurship mahasiswa dapat terasah secara langsung di lapangan.

Baca juga: FISIP UI kolaborasi riset kampanyekan kurangi sampah plastik sekali pakai

Pada pameran Alley Market 2023, ditampilkan 15 produk UMKM karya mahasiswa Ilmu Administrasi Niaga.

Beberapa di antaranya adalah platform Perutku (konsultasi kesehatan gizi untuk program diet), MOOV (online booking lapangan olahraga futsal, badminton, basket, dan tenis), dan Discover Jakarta (penyedia informasi wisata di Jakarta dan Tangerang).

Produk lain yang ditampilkan adalah makanan dan minuman, seperti Chicoffe (minuman berbahan roots), Gumico (permen pengganti rokok), Flavour Beat (kebab rendah kalori), Crunchery (sendok yang bisa dikonsumsi), dan Labana (makanan padang yang dikemas kekinian).

Baca juga: FIB UI telah jalin hubungan baik dengan Jepang sejak lama

Di bidang fesyen yang dipamerkan adalah Monokrom (jaket sekaligus jas hujan), Recloth.id (pakaian daur ulang), dan Aishwarya (batik modern).

Selain itu, produk lainnya adalah Amo Candle (lilin aromaterapi dari limbah minyak jelantah), Heat UP (pemanas ruangan portable), Wrap It Up (pengganti kantong plastik re-use), Totem (tote bag serbaguna).

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023