Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mengapresiasi pembentukan Forum Persaudaraan dan Kerukunan Umat Beragama (FPKUB) Grand Wisata Tambun Selatan sebagai upaya meningkatkan keharmonisan hubungan antarumat beragama.

"Terbentuknya FPKUB Grand Wisata merupakan wujud kehidupan Pancasila yang nyata karena idenya berasal dari masyarakat dan juga disetujui, disepakati, serta dijalankan bersama oleh warga Grand Wisata. Ini menjadi percontohan di Kabupaten Bekasi," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Cikarang, Minggu.

Dani yang berkesempatan menghadiri kegiatan Halal Bihalal FPKUB Grand Wisata pada Sabtu kemarin mengatakan aspirasi dari forum ini yakni bagaimana mendapatkan fasilitas sarana beribadah yang memadai bagi semua umat beragama khususnya di wilayah Grand Wisata.

"Tentu itu kita jalankan sesuai prosedur dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Di luar itu kami juga punya gagasan untuk membentuk dan membangun Taman Religi yang di situ ada bangunan rumah ibadah dari semua agama sebagai satu wujud kerukunan dan toleransi," katanya. 

Ia berharap Taman Religi menjadi sarana edukasi bagi anak-anak dan generasi yang akan datang agar mampu meningkatkan rasa toleransi, saling menghormati dan menjaga persatuan bangsa.

"Sebagai sarana edukasi pendidikan bagi anak-anak kita, generasi yang akan datang, bahwa perbedaan dalam agama, budaya atau adat istiadat, bukan menjadi penghalang bagi kita untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan," ucapnya.

Ketua Panitia Pelaksana FPKUB Grand Wisata Jusman Sikki berharap dibentuknya FPKUB Grand Wisata dapat menjaga keharmonisan dalam perbedaan antara umat beragama dan menjadi wadah untuk saling komunikasi serta bersilaturahmi satu sama lain. 

"Oleh karena itu untuk menjaga keharmonisan antara pemeluk agama satu sama lain, kita harus memberikan sebuah wadah sebagai saluran komunikasi. Dengan adanya FPKUB ini semua elemen umat beragama yang ada di Grand Wisata bisa saling kenal, bersilaturahmi, dan bisa saling memahami dalam keseharian," katanya.

Jusman menyampaikan terima kasih atas dukungan dari Pemerintah Kabupaten Bekasi atas fasilitasi pembentukan FPKUB yang dinilai sangat dibutuhkan dalam rangka menjaga kerukunan umat beragama.

"Dukungan dari pemerintah daerah sangat luar biasa, kami berterima kasih kepada Pak Pj (Penjabat) Bupati Bekasi, Pak Dani Ramdan yang sangat mendukung adanya FPKUB," katanya. 

Dirinya berharap ke depan seluruh warga Grand Wisata akan menjadi bagian dari FPKUB karena mereka adalah orang-orang yang merindukan persaudaraan dan kerukunan. 

"Ke depan semoga tetap semangat yang kita bangun hari ini akan menjalar serta berkembang ke keseluruhan warga Grand Wisata dan sekitar, serta Kabupaten Bekasi," katanya.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023