Depok, 8/8 (ANTARA) - Wakil Wali Kota Depok Idris Abdul Somad berharap agar jangan ada lagi balita di Kota Depok yang kekurangan vitamin A yang menyebabkan terganggunya kesehatan mata.

"Saya harap semoga pemberian vitamin A untuk Balita dapat dilakukan dengan merata dan lancar di seluruh wilayah Kota Depok,? katanya di Dpeok, Rabu.

Pemberian vitamin A secara cuma-cuma melalui Posyandu katanya diharapkan para balita di Depok tidak kekurangan Vitamin A dan mempunyai kesehatan dan penglihatan yang baik.

Ia mengatakan, di Posyandu atau Puskesmas pada Februari dan Agustus seluruh bayi usia 6-11 bulan, harus mendapat 1 kapsul vitamin A biru dan seluruh anak balita usia 12-59 bulan mendapat kapsul vitamin A warna merah.

"Sedangkan untuk ibu nifas sampai 30 hari setelah melahirkan mendapat 1 kapsul vitamin A," ujarnya.

Dikatakannya akibat dari kekurangan vitamin A bermacam-macam antara lain terhambatnya pertumbuhan, gangguan pada kemampuan mata dalam menerima cahaya, kelainan-kelainan pada mata seperti xerosis dan xerophthalmia, serta meningkatnya kemungkinan menderita penyakit infeksi.

Lebih lanjut ia mengatakan pada anak yang mengalami kekurangan vitamin A berat angka kematian meningkat sampai 50 persen. Kelompok umur yang terutama mudah mengalami kekurangan vitamin A adalah kelompok bayi usia 6-11 bulan dan kelompok anak balita usia 12-59 bulan (1-5 tahun).

Sedangkan yang lebih berisiko menderita kekurangan vitamin A adalah bayi berat lahir rendah kurang dari 2,5 kg, anak yang tidak mendapat ASI eksklusif dan tidak diberi ASI sampai usia 2 tahun.

Selain itu anak yang tidak mendapat makanan pendamping ASI yang cukup, baik mutu maupun jumlahnya, anak kurang gizi atau di bawah garis merah pada KMS, anak yang menderita penyakit infeksi (campak, diare, TBC, pneumonia) dan cacingan.


Feru L

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012