Jumlah jamaah calon haji di Kabupaten Purwakarta, Jabar, yang akan berangkat ke Tanah Suci Makkah pada tahun ini mencapai 748 orang, meningkat 100 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Jamaah calon haji asal Purwakarta taun ini meningkat tajam," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Purwakarta Sopian, di Purwakarta, Senin. 

Ia menyampaikan, pada tahun ini ada 748 orang yang akan berangkat ke Tanah Suci Makkah. Sedangkan pada tahun lalu, jumlah jamaah calon haji Purwakarta hanya 350 orang.

Jamaah calon haji asal Purwakarta akan diberangkatkan dalam dua kelompok terbang (kloter). 

Di antaranya ialah kloter 26 berjumlah 432 orang, yang akan diberangkatkan pada 3 Juni 2023. Kemudian kloter 48 dengan jumlah 316 orang, akan diberangkatkan pada 10 Juni 2023.

Sopian mengatakan kalau persiapan keberangkatan jamaah calon haji itu tengah dilakukan. Pada pekan lalu, pihaknya melakukan manasik haji yang diikuti jamaah calon haji asal Purwakarta.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan, jamaah calon haji asal Purwakarta bisa menjadi duta bangsa dan menjadi teladan di mata internasional. 

Ia berpesan agar jamaah calon haji di daerahnya menyiapkan segala sesuatunya, karena perjalanan haji itu proses yang sangat penting dan panjang. 

"Persiapkan fisik dan mental, serta jaga kesehatan sebaik mungkin bagi jamaah calon haji," katanya.

Bupati berharap jamaah calon haji asal Purwakarta dapat memiliki kesadaran, tanggungjawab dan integritas. Sehingga menjadi muslim yang mampu memotivasi umat untuk senantiasa berpikir positif, saling mengingatkan dan menasehati, menghargai perbedaan dan menjunjung toleransi.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023