Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi menyebutkan hingga pukul 17.00 WIB pada Minggu (14/5), tercatat ada empat partai politik peserta Pemilu 2024 yang belum mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (caleg) DPRD Kabupaten Sukabumi.

"Empat parpol itu yakni Partai Gerindra, Partai Gelora, Partai Buruh dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN)," kata Komisioner KPU Kabupaten Sukabumi Meri Sariningsih di Sukabumi, Minggu.

Menurut Meri, sampai pukul 17.00 WIB baru 14 parpol yang mendaftarkan bakal caleg DPRD Kabupaten Sukabumi. Pihaknya pun sudah menerima informasi dari empat parpol yang belum mendaftar, rencananya akan melakukan pendaftaran selepas Shalat Maghrib.

Baca juga: PKS dan Hanura telah daftar bakal caleg DPRD Kabupaten Sukabumi
Baca juga: KPU Kota Sukabumi lantik 35 anggota PPK

Namun demikian, KPU Kabupaten Sukabumi akan tetap memberikan waktu kepada empat parpol itu hingga pukul 23.59 WIB untuk mendaftarkan bakal caleg. Jika lewat dari waktu yang telah ditentukan tersebut, maka pihaknya menilai parpol itu mengundurkan diri sebagai parpol peserta Pemilu 2024.

Di sisi lain, untuk memberikan pelayanan kepada parpol yang mendaftar, pihaknya sudah menyiapkan ruangan penerimaan bakal calon anggota DPRD Kabupaten Sukabumi dan juga memberikan pelayanan maksimal bagi parpol yang ingin berkonsultasi terkait dengan pendaftaran dengan menyediakan helpdesk.

"Asistensi pun sudah kami lakukan melalui rapat koordinasi (rakor) yang telah dilakukan beberapa kali bersama perwakilan ataupun pengurus parpol. Hingga kini, kami tidak menemukan adanya kendala selama melayani parpol yang mendaftarkan bakal calegnya," tambahnya.

Baca juga: KPU Sukabumi temukan parpol catut nama warga sebagai pengurus

Adapun 14 parpol yang sudah mendaftarkan bakal caleg DPRD Kabupaten Sukabumi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golkar, Partai Nasdem dan Partai UMMAT.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Persatuan Indonesia (Perindo) serta Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023