Karawang (Antara Megapolitan) - Panitia Pelaksana Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 cabang dayung meminta kontingen dan atlet yang mengikuti setiap nomor pertandingan memperhatikan ketepatan waktu.

"Ketepatan waktu harus benar-benar diperhatikan agar para atlet yang bertanding bisa lebih disiplin," kata Edy Suyono, Dewan Hakim Cabang Olahraga PON, di Kabupaten Karawang, Jabar, Minggu.

Ia mengaku sudah menekankan kepada manajer tim dari masing-masing kontingen terkait kedisiplinan atlet serta berkaitan dengan ketepatan waktu. Hal tersebut ditekankan setiap menjelang pertandingan final.

Seperti jika ada kontingen yang tidak membawa perahu dan harus meminjam perahu ke panitia pelaksana, itu sebenarnya sudah disediakan.

Menurut dia, panitia pelaksana sudah menyiapkan sekitar 60 perahu untuk dipinjamkan bagi kontingen yang tidak membawa perahu.

"Beberapa kontingen tidak membawa perahu, sehingga harus meminjam perahu ke panitia," kata dia.

Edy mengingatkan agar setiap kontingen benar-benar melakukan persiapan jika ingin meminjam perahu. Itu berkaitan dengan ketepatan waktu, sebab pedayung yang akan bertanding butuh penyesuaian.

"Setiap perahu yang dipinjamkan itu perlu disetel agar cocok saat digunakan atletnya. Penyetelan seperti yang terkadang membutuhkan waktu lama yang pada akhirnya mengganggu ketepatan waktu bertanding," kata dia.

Ia juga mengingatkan agar atlet dayung yang turun di setiap nomor bisa lebih disiplin. Sesuai ketentuan, sekitar 30 menit sebelum pertandingan dimulai, para atlet harus sudah turun di air beserta perahunya.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016