Bogor (Antara Megapolitan) - Kepolisian Resor Bogor Kabupaten, Jawa Barat menginformasikan terjadi peningkatan arus lalu lintas di jalur Puncak pada libur panjang menyambut hari raya Idul Adha 1437 Hijriah/2016.

Berdasarkan laporan dari Satlantas Polres Bogor, Sabtu, terjadi lonjakan lalu lintas sebesar 30 sampai 50 persen dari hari biasanya yang dimulai sejak pukul 07.00 WIB Sabtu pagi.

Untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan arus lalu lintas, jajaran Polres Bogor Kabupaten melakukan rekayasa-rekayasa lalu lintas dengan cara sistem buka tutup jalur atau "one way".

"One way dimulai dari pukul 08.00 WIB, diberlakukan sistem satu arah menuju Puncak, Cianjur," kata Kasat Lantas Polres Bogor Kabupaten AKP Silvia Sukma Rosa.

Ia menjelaskan, diberlakukannya sistem satu arah menuju Puncak, Cianjur, karena mengingat antrian di gerbang tol Ciawi menuju Puncak terpantau sampai empat kilo meter dari gerbang tol, sehingga perlu diberlakukan rekayasa lalu lintas.

"Rekayasa lalu lintas seperti ini guna menguras arus dari arah atas (Cianjur menuju Jakarta) dan cara ini cukup efektif dilaksanakan sampai pukul 11.00 WIB," katanya.

Setelah diberlakukan satu arah menuju Puncak, arus lalu lintas dari simpang Gadog terpantau kondusif dan jalur sudah Dinormalkan kedua arah baik dari Cianjur maupun arah Jakarta.

Ia mengatakan, rekayasa lalu lintas kembali dilakukan pukul 14.00 WIB dengan menutup arus dari arah Jakarta menuju Puncak, Cianjur, satu arah dari Cianjur menuju Jakarta (Bogor).

"Dimungkinkan kegiatan dilaksanakan sampai pukul 18.00 WIB," katanya.

Silvia mengimbau masyarakat agar mempersiapkan diri untuk merencanakan pulang dari arah Puncak, Cianjur menuju Jakarta pada waktu diberlakukan sistem satu arah.

Pada saat libur panjang Idul Adha ini, Polres Bogor mengerahkan 200 personel yang bertugas mengatur dan mengamankan arus lalu lintas di jalur Puncak, yang menjadi lokasi destinasi wisata masyarakat untuk berlibur. Libur akan berlangsung selama tiga hari yakni dari Sabtu sampai Senin mendatang.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016