Purwakarta (Antara Megapolitan) - Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi melarang penggunaan kupon dalam kegiatan pembagian daging kurban pada Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriah.

"Kalau warga antre sambil memegang kupon, sudah banyak pengalaman buruk. Warga berebut ada yang terinjak dan menderita. Banyak kasus, jumlah kupon dan warga yang hadir tidak seimbang dengan stok daging kurbannya," katanya, di Purwakarta, Jumat.

Ia berharap agar pada Idul Adha di Purwakarta tahun ini, tidak ada lagi warga yang mengantre untuk mendapatkan daging kurban. Justru panitia yang nantinya akan mengantarkan daging kurban secara langsung ke rumah warga yang berhak mendapatkan daging kurban itu.

Hal tersebut dinilai lebih baik, demi menjaga ketertiban dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kericuhan dan lain-lain.

Menurut dia, ketika daging kurban tersebut diantarkan secara langsung oleh panitia ke rumah-rumah warga yang berhak, justru itu lebih terhormat dibandingkan dengan harus mengantre untuk mendapatkan sebungkus daging.

"Kalau umat Islam antre demi daging yang tidak seberapa, saya kira ini justru memalukan umat Islam, apalagi kalau sampai ricuh. Maka saya meminta kepada panitia kurban, aparat desa atau orang per orang yang melaksanakan ibadah kurban, agar mengantarkan jatah daging kurban itu langsung ke rumah warga," kata dia.

Bupati menyatakan, ini merupakan tahun kedua pemberlakuan larangan menggunakan kupon untuk mengantre mendapatkan daging kurban.

Untuk wilayah yang memiliki surplus daging kurban di Purwakarta, Dedi mengaku siap membantu pendistribusiannya dengan menyediakan mobil box khusus milik pemerintah daerah.

"Kalau ada wilayah surplus daging kurban, kami siap membantu distribusinya menuju wilayah yang masih kekurangan. Ini penting agar pembagiannya merata. Kita siapkan mobil box untuk membantu mengantarkan daging kurban ke masyarakat," kata dia.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016