Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan program Kampus Merdeka membuka pengalaman mahasiswa di luar kampus serta dapat melanglang buana mencari pengetahuan dengan lebih fleksibel.

Bima Arya dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Kota Bogor, Selasa, mengatakan Kampus Merdeka menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi untuk masuk perguruan tinggi saat ini juga fokus pada kemampuan literasi dan bernalar.

“Mari kita ingat bahwa bersama-sama kita telah membuat sejarah baru dengan gerakan Merdeka Belajar. Transformasi yang masif ini sudah sepatutnya dirayakan dengan penuh syukur dan semarak karena semua adalah hasil kerja keras kita," kata Bima Arya.

Hardiknas pada tahun ini adalah waktu yang tepat bagi anak bangsa untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang dihadapi dan setiap jengkal langkah berani yang telah diambil, para pendidik dan tenaga kependidikan, seniman, pelaku budaya juga peserta didik adalah kapten dari kapal besar yang bernama Indonesia.

Dari segi pendanaan, pencairan langsung dana BOS dan bantuan operasional pendidikan ke sekolah dan pemanfaatan lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi sekolah meningkatkan kualitas pembelajaran, dengan perluasan beasiswa kesempatan untuk melanjutkan pendidikan jauh lebih terbuka.

Dukungan dana padanan untuk mendanai riset melahirkan begitu banyak inovasi dan kolaborasi. Mekanisme dana Indonesiana yang fleksibel dapat mewadahi gagasan kreatif para seniman dan para pelaku budaya sehingga menghasilkan karya-karya yang hebat untuk mendukung kemajuan kebudayaan.

“Perjalanan harus dilanjutkan, perjuangan mesti diteruskan agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebesar-besarnya dalam belajar dan cita-cita, semarakkan hari ini dengan semangat meneruskan perwujudan merdeka belajar, mendidik generasi pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidik dan konsep pendidikan yang memerdekakan,” kata Bima Arya.

Bima Arya pun telah secara simbolis menyerahkan penghargaan Sekolah Penggerak bagi 12 sekolah di Kota Bogor, mulai dari sekolah luar biasa, TK, SD, SMP hingga SMA saat upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023 yang dipusatkan di SMPN 18 Kota Bogor.

Penghargaan juga diberikan kepada guru, Kresna Pragita Sujiwa (SMPN 9 Kota Bogor), Zeyra Mutiarany Setia (SMPN 6 Kota Bogor) dan Bisma Prastya Nugraha (SMPN 8 Kota Bogor), sebagai pencipta dan aransemen lagu mars Pelajar Kota Bogor.

Para siswa berprestasi tidak ketinggalan diberikan penghargaan, mulai dari M.Rafa Al Malik (SMPN 16 Kota Bogor), pemain terbaik Gala Siswa Indonesia (GSI) Tingkat Nasional, Shafwan Nizar (SMPN 5 Kota Bogor), peraih emas olimpiade sains nasional mata pelajaran IPS jenjang SMP, Ridho Nugraha Dikara (SMPN 1 Kota Bogor), peraih emas olimpiade olahraga siswa nasional cabang karate kategori kata perorangan putra. Dan terakhir Celso Rayi Al Khairy (SD Bina Tunas Cemerlang) yang berhasil meraih emas olimpiade sains nasional mata pelajaran matematika jenjang SD.

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023