Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan seluruh elemen memiliki peran untuk mewujudkan program merdeka belajar demi suksesnya sektor pendidikan nasional, khususnya di Kota Sukabumi, Jawa Barat. 
 
"Untuk mewujudkan merdeka belajar tidak hanya menjadi tugas pemerintah, tetapi seluruh elemen masyarakat, untuk melahirkan generasi penerus bangsa yang berkualitas dan berkeahlian," katanya usai upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Lapang Merdeka, Kota Sukabumi, Selasa. 
 
Menurut Fahmi, sesuai dengan tema Peringatan Hardiknas "Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar", ada tiga indikator suksesnya merdeka belajar.

Pertama, partisipasi siswa dalam pendidikan Indonesia yang merata, pembelajaran efektif dan tidak ada anak didik yang tertinggal. 
 
Merdeka belajar merupakan suatu pendekatan agar siswa dapat memilih pelajaran yang diminati agar mereka dapat mengoptimalkan bakatnya.
 
Kedua, merdeka belajar juga merupakan konsep pengembangan pendidikan ketika seluruh pemangku kepentingan menjadi agen perubahan.
 
Dengan demikian ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mengoptimalkan sektor pendidikan, diantaranya memastikan semua anak usia sekolah memiliki kesempatan yang sama untuk memiliki pendidikan yang layak. 
 
Ketiga, katanya, memastikan setiap guru dan tenaga pendidik bekerja sepenuh hati untuk memberikan pendidikan yang berkualitas demi melahirkan generasi penerus bangsa yang berkualitas. 

Fahmi mengatakan Pemkot Sukabumi melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi juga terus berupaya agar tidak ada lagi anak yang putus sekolah dengan pemberian beasiswa hingga ke jenjang perguruan tinggi atau kuliah yang bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi maupun universitas. 
 
"Peningkatan kualitas pendidikan menjadi salah satu fokus utama Pemkot Sukabumi dan kami pun banyak membuat program demi majunya dunia pendidikan di Kota Sukabumi," katanya.
 
Peringatan Hardiknas 2023 di Kota Sukabumi juga diisi dengan penyerahan penghargaan bagi lembaga, guru, dan siswa berprestasi, serta dimeriahkan penampilan Paskibra, pencak silat, dan marching band dari berbagai sekolah.

Baca juga: Nadiem: Merdeka Belajar bawa pendidikan di Indonesia sesuai cita-cita Ki Hadjar Dewantara

Baca juga: Pemkab Bogor turut sosialisasikan Program Merdeka Belajar


 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023