Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. KH Haedar Nashir menyebut ada dua permasalahan kesehatan yang saat ini terjadi di Indonesia, yakni masih kekurangan dokter spesialis dan persoalan kesehatan masyarakat atau kesehatan komunitas.

Haedar Nashir saat meresmikan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Surabaya, Selasa, mengatakan Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menjalin kerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan Kementerian terkait untuk terus mendorong akselerasi pendirian Program Studi Kedokteran, khususnya program spesialisasi di Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiah (PTMA).

"Harapan kami agar anak terbaik bangsa ini bisa belajar menjadi dokter gigi yang terbaik, misalnya," kata Haedar.

Sementara soal kesehatan komunitas,katanya, perlu menghadirkan program-program yang berfokus pada kesehatan masyarakat..

Ia mengatakan Muhammadiyah kuat di bidang kesehatan komunitas karena memiliki instrumen yang lengkap, tidak hanya memiliki rumah sakit dan klinik tetapi juga struktur organisasi dari tingkat pusat sampai tingkat daerah, sehingga bila dimanfaatkan mampu menyelesaikan masalah kesehatan masyarakat seperti stunting, TB, dan penyakit lain.

 

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023