Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengajak warga mempromosikan tari mistis Seblang Olehsari menggunakan gawainya masing-masing dan diunggah ke media sosial.

"Semua yang punya gawai (smartphone) ayo dikeluarkan. Kita bagikan tari mistis Seblang Olehsari ini di media sosial. Kita tunjukkan keunikan budaya yang ada di Banyuwangi," ujar Bupati Ipuk saat menghadiri penutupan ritual tari mistis Seblang Olehsari di Desa Olehsari, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu.

Menurut Ipuk, tari mistis Seblang Olehsari adalah salah satu budaya dan tradisi adat masyarakat Osing dalam mewujudkan rasa syukurnya.

"Budaya ini harus terus dilestarikan, sehingga tidak hanya menjadi tradisi masyarakat Desa Olehsari saja, tetapi juga bisa dinikmati wisatawan," ujarnya.

Prosesi ritual tari mistis Seblang Olehsari berlangsung selama tujuh hari, sejak Senin (24/4) hingga Minggu (30/4). Penutupan ritual merupakan salah satu rangkaian gelaran Banyuwangi Festival 2023.

Bupati Ipuk juga turut membeli "kembang dermo" yang konon dipercaya sebagai sebuah media untuk tolak bala, mengusir penyakit, keselamatan maupun keberuntungan.

Bunga itu ditancapkan di sebatang bambu kecil yang terdiri tiga kuntum bunga yang terdiri dari bunga wongso, bunga sundel, dan pecari kuning.

 

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023