Cibinong (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menggelar `Bogor Wonderfull Golf` sebagai andalan potensi wisata untuk mengundang wisatawan internasional datang ke kawasan setempat.

"Acara ini adalah pertama di Indonesia dan terbesar di Asia Tenggara, kita ingin wisata olahraga unggulan Indonesia yang dimiliki oleh Kabupaten Bogor ini menjadi program unggulan," kata Bupati Bogor, Nurhayati, saat jumpa pers di Pendopo Pemkab Bogor, Cibinong, Selasa.

Dia menjelaskan acara akan berlangsung di sembilan lokasi Kabupaten Bogor dan dua lokasi di Kota Bogor dengan jumlah peserta lokal dan internasional mencapai 1.500 orang, sebanyak 285 orang di antaranya adalah peserta dari mancanegara.

Kegiatan tersebut, kata Nurhayanti, akan menggabungkan unsur seni, budaya dan olah raga dalam menarik wisatawan internasional se-Asia, Australia, Eropa dan lainnya.

Menurutnya, dengan dukungan penuh dari pihak swasta yang peduli terhadap potensi pariwisata Bogor dapat mendorong perekonomian masyarakat lokal.

Sehingga, Pemerintah Kabupaten Bogor selaku penggagas ide dapat membuka akses Usaha Kecil Menengah (IKM) untuk turut mempromosikan produknya kepada konsumen internasional.

" Ada toge goreng, laksa, doclang dan produk UKM lainnya, nanti rekan-rekan boleh datang," ujarnya.

Dia menyatakan olah raga golf diharapkan bisa menjadi salah satu indikator keberhasilan pariwisata tertinggi Kabupaten Bogor.

Kunjungan wisatawan mancanegara yang kian meningkat dari tahun 2015 sebanyak 1.200 orang pengunjung ditargetkan 1.500 orang pada 2016.

Kepala Badan Promosi Dinas Pariwisata Kabupaten Bogor, Jenal Syafruddin mengatakan dengan mengadakan Bogor Wonderful Golf Kabupaten Bogor akan memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Yakni dalam kategori Lapangan golf terbanyak, peserta golf terbanyak dan perpaduan atlet golf dalam dan luar negeri dalam acara serempak.

Menurutnya, langkah mengundang wisatawan olah raga golf internasional akan mendorong pertumbuhan ekonomi yang sehat bagi Kabupaten Bogor.

"Olahragawan golf internasional menurut pengusaha golf, per orang bisa menghabiskan uangnya sebanyak 500 Dolar atau Rp6.600.000 dalam sehari, bayangkan berapa yang bisa diserap oleh masyarakat kita," katanya.

General Manager Sentul Highland Golf Club, Iwan mengatakan dirinya akan terus mendukung program tersebut untuk ikut mempopulerkan olah raga di wilayah Bogor.

Dirinya bersama pengusaha golf lainnya akan bersinergi dalam acara lanjutan setiap tahunnya.

Senada dengan itu, General Manager Palm Hill Golf Club menyatakan sebanyak 11 lapangan golf yang dimiliki Kabupaten dan Kota Bogor bertaraf internasional, sehingga sangat layak menjadi surga bagi atlet golf.

Pewarta: Linna Susanti & Mayolus Fajar D

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016