Regulator balap sepeda motor FIM dan Dorna Sports memperkenalkan proyek Kejuaraan Balap Motor Putri (FIM Women’s Motorcycling World Championship) yang diharapkan mampu memperluas akses olahraga balap motor dan representasi positif bagi pebalap putri.

Dikutip dari keterangan resmi yang diterima pada Minggu, seri awal ajang ini akan diluncurkan pada tahun 2024 dan berjalan bersamaan dengan World Superbike (WSBK).

Target musim pertama setidaknya enam putaran, dengan dua balapan berlangsung per putaran. Grid akan berlomba dengan mesin yang sama, dengan satu pemasok sepeda motor akan diumumkan pada waktunya.

"Seperti yang kami lakukan di Motocross, Enduro dan Trial, kami memulai dengan Kejuaraan Balap Motor Wanita tahun depan di balap sirkuit (WSBK). Rencana kami adalah mengadakan enam balapan di Eropa, dan kami berencana untuk melakukan kompetisi merek tunggal. Kami akan mencoba untuk membuat riders wanita dari seluruh dunia berlomba di Kejuaraan baru ini, dan akan diselenggarakan terutama dalam Kejuaraan WSBK," kata Presiden FIM Jorge Viegas.

Direktur Eksekutif WSBK Gregorio Lavilla menambahkan, pihaknya sangat tertarik dan antusias menyambut adanya kejuaraan ini dalam agenda WSBK. Ia menambahkan, masih banyak hal dan detail lain yang perlu dikembangkan agar kompetisi ini bisa berjalan sukses dan berkelanjutan.

 

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023