Dewan Kemakmuran Masjid (DKM)  Masjid Raya Al Jabbar Kota Bandung, Jawa Barat mencatat kunjungan ke masjid tersebut selama libur Lebaran 22-26 April 2023 yaitu 124.758 orang,dengan jumlah kunjungan harian tertinggi terjadi pada hari Senin (24/4), yakni 33.606 orang.

"Rata-rata jumlah pengunjung per hari setelah Lebaran tahun 2023 yaitu 22.061 orang pada 22 hingga 27 April sedangkan sebelum Lebaran rata-rata sebanyak 3.507 orang pada 15 hingga 21 April," kata Wakil Sekretaris DKM Masjid Raya Al Jabbar (MRAJ) Kota Bandung,  Dewi Sartika ketika dihubungi di Bandung, Jumat.
 
Antusiasme masyarakat yang datang ke Masjid Raya Al Jabbar di kawasan Gedebage, Kota Bandung relatif tinggi. Selain untuk beribadah, para pengunjung juga berwisata religi di masjid dan pelataran masjid yang didesain oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil itu.

Masjid Al Jabbar dibuka untuk umum per 30 Desember 2022, setelah beberapa waktu, ditutup untuk dilakukan perawatan masjid, dan dibuka kembali sejak 23 Maret 2023 bertepatan dengan 1 Ramadhan 1444H.

Berdasarkan pantauan, selain dari kawasan Bandung Raya, mereka yang datang ke Masjid Raya Al Jabbar (MRAJ) juga berasal dari berbagai daerah di Jabar serta dari provinsi lain di Pulau Jawa maupun luar Pulau Jawa.

"Untuk kebersihan dan keamanan, jumlah personel mencukupi karena ada penambahan," ujar Dewi.

Sedangkan untuk pelayanan parkir, pihaknya masih melakukan kerja sama dengan pihak Kodim.

Baca juga: Warga salat tarawih pertama di Masjid Al Jabbar usai kembali dibuka untuk umum

Baca juga: Pemprov Jabar siapkan lahan khusus di seberang Masjid Al Jabbar untuk PKL berjualan

Baca juga: Ridwan Kamil minta warga hargai tempat ibadah

 

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023