Mekkah (Antara Megapolitan) - Petugas Perlindungan Jamaah (Linjam) Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah Kerja Mekkah melakukan patroli 24 jam untuk mengantisipasi potensi kerawanan yang terjadi di sekitar pemondokan jamaah.

"Secara khusus, Linjam memperkuat sektor dengan patroli 24 jam, tarutama waktu malam, ketika teman-teman yang nempel di hotel mundur, kita yang aktif melakukan patrol," kata Kasi Linjam Daker Mekkah Wagirun, Sabtu.

Para petugas, kata dia, akan menyisir lokasi-lokasi yang dinilai potensial untuk terjadinya tindak kejahatan di sekitar pemondokan jamaah haji Indonesia.

"Di pemondokan sudah kita gelar semua. Sekarang sistemnya terpadu, jadi semua petugas merupakan unsur linjam. Kita harapkan seperti itu, makanya di hotel sudah ada yang nempel di situ," katanya.

Petugas patroli akan berkeliling untuk memastikan tidak ada jamaah yang masih berada di jalanan di waktu-waktu yang tidak lazim atau untuk memberikan perlindungan bagi jamaah yang tengah berada di luar pemondokan.

Lebih lanjut dia menjelaskan kasus yang terkait uang atau barang jamaah biasanya adalah kasus lupa, penipuan dan perampasan.

"Lupa ini merupakan kasus yang paling rentan karena jamaah kita memang sepuh-sepuh atau tua-tua Taruh barang dimana, lupa dibawa. Itu hampir rata-rata kasus itu dialami oleh aki-aki (kakek-kakek). Kejadiannya ada beberapa kejadian," katanya.

Kemudian kasus penipuan yaitu jamaah dihampiri oleh orang yang dikenal kemudian uang atau barangnya diambil diam-diam.

Ketiga kata dia adalah satu laporan kasus perampasan tas di kawasan Jarwal oleh warga lokal yang mengenakan abaya dan cadar.

Oleh karena itu, ia mengimbau agar jamaah tidak membawa banyak uang saat meninggalkan hotel.

"Kalau hilang di hotel masih bisa menuntut pihak hotel," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang anggota tim perlindungan jamaah Abu Dzarin mengatakan menemukan dua jamaah yang tampak kebingungan tengah berjalan sendiri di kawasan Mahbas Jin pada patroli yang dilakukannya Sabtu (3/9) dini hari.

"Kita tanya mau kemana dan kemudian kita antarkan ke tujuan," katanya.

Memasuki hari ke-26 pemberangkatan jamaah haji ke Arab Saudi, lebih dari 140.856 dari 155.200 jamaah telah berada di Kota Mekkah. Mereka ditempatkan di sembilan sektor pemondokan yang tersebar pada radius empat kilo meter yaitu di kawasan Syisyah, Aziziah, dan Mahbas Jin. (Ant).

Pewarta: Gusti NC Aryani

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016