Ribuan warga Kabupaten Karawang, Jawa Barat, tumpah ruah ke jalan raya dalam merayakan malam takbiran keliling, Jumat malam.

Selain menggunakan sepeda motor, cukup banyak rombongan warga yang melakukan takbir keliling dengan menggunakan mobil bak terbuka.

Ada pula warga yang menggunakan mobil truk saat melakukan takbir keliling.

Dari atas mobil terbuka, mereka melantunkan kumandang takbir dengan diiringi tabuhan bedug.

Baca juga: Ada Keributan Pada Malam Takbiran Di Karawang
Baca juga: Pemkot Depok izinkan aktivitas perdagangan pasar tumpah saat malam takbiran Idul Fitri

Warga yang melakukan takbir keliling juga memeriahkan malam takbiran dengan menyalakan kembang api dari atas mobil bak terbuka.

Sementara warga lainnya menonton dari sisi jalan "pagelaran" takbir keliling tersebut.

"Alhamdulillah, sangat ramai. Jalan raya jadi ramai di malam ini," kata Jujun, salah seorang warga Karawang yang menyaksikan mall takbir keliling di wilayah perkotaan Karawang.

Selain di wilayah perkotaan Karawang, suasana takbir keliling juga terjadi di wilayah Rengasdengklok dan wilayah Cikampek, Karawang.

Baca juga: Pemkab Purwakarta akan gelar Festival Dulag di malam takbiran

Khusus di wilayah perkotaan, semakin malam, arus lalu lintas bertambah padat. Sebab iring-iringan mobil bak terbuka dari berbagai daerah di Karawang bersatu di wilayah perkotaan.

Pemerintah sebelumnya telah mengumumkan kalau 1 Syawal 1444 Hijriah atau Lebaran Idul Fitri 2023 jatuh pada Sabtu, 22 April 2023. Sementara Muhammadiyah telah memutuskan 1 Syawal jatuh pada Jumat ini, dan mereka telah menggelar shalat Idul Fitri pada Jumat pagi.

Sementara itu, selain berasal dari takbir keliling, pengerah suara dari berbagai penjuru masjid di wilayah Karawang juga terdengar alunan takbir, menyambut 1 Syawal. (KR-MAK)

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023