Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok Jawa Barat membuka enam posko pelayanan kesehatan bagi pemudik yang tersebar di sejumlah titik di Kota Depok.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Depok Mary Liziawati di Depok, Kamis, mengatakan para pemudik dapat memanfaatkannya untuk memeriksa kondisi kesehatannya. Seperti tensi darah maupun konsultasi kesehatan.

"Kalau ada keluhan akan ditangani lebih lanjut. Ambulan kita juga siaga, jika ada keadaan emergensi kita bawa ke rumah sakit," katanya.

Baca juga: Dishub Depok kerahkan 300 personel di tujuh pos pengamanan mudik
Baca juga: Pemerintah Kota Depok larang ASN gunakan mobil dinas untuk mudik Lebaran

Dokter Mary menjelaskan enam posko pelayanan kesehatan tersebut yaitu Posko Medan 9 di Pertigaan Jalan Juanda-Margonda, Posko Bogor 8 di Exit Tol Cijago dan Posko Desari di Jalan Raya Sawangan. Lalu, ada juga di Pertigaan Bojongsari yaitu Posko Bojongsari dan Jalan Raya Cinere yaitu Posko Dinasty Cinere.

Selain itu, juga ada pos pelayanan kesehatan di Terminal Jatijajar. Untuk melayani pemudik yang berangkat dari terminal.

"Di Terminal Jatijajar ada dua titik pelayanan, yang satu untuk kru kendaraan yaitu sopir, kernet serta petugas lainnya dan untuk masyarakat umum ada juga," ujarnya.

Baca juga: Wakil Wali Kota Depok cek kondisi sopir dan kesiapan bus agar aman untuk mudik

Dikatakannya khusus untuk kru atau awak kendaraan dilakukan pemeriksaan kesehatan secara lengkap. Mulai dari tensi darah, nadi, suhu, kolesterol hingga gula darahnya.

"Yang pasti dari urine bisa diidentifikasi narkoba," demikian Mary.*

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023