Sebanyak 710 personel gabungan di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, dilibatkan Operasi Ketupat Jaya 2023 dalam rangka persiapan pengamanan arus mudik selama periode Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan ratusan personel gabungan itu memiliki tugas utama mengamankan perjalanan mudik yang melintas di Kabupaten Bekasi.

"Jumlah personel yang tergabung dalam operasi ketupat ini ada 710 orang, terdiri dari TNI dan Polri gabungan, termasuk aparatur pemerintah daerah dari Satpol PP, Dishub, Damkar, dan Pramuka," kata Dani saat memimpin apel Operasi Ketupat Jaya 2023 di Lapangan Plasa Pemkab Bekasi, Senin.

Baca juga: Polda Metro lakukan operasi penyekatan arus balik hingga 24 Mei 2021

Dia mengatakan kolaborasi tiga pilar juga ditunjukkan dengan pendirian 14 pos terpadu meliputi pelayanan, pengamanan dan cek poin. Pos tersebut akan diisi oleh unsur instansi yang akan membantu masyarakat saat mudik.

"Terutama dari pendirian melalui pos, baik pospam maupun pos gabungan, serta pos pelayanan, kita bersama-sama mengisi perlengkapan dan sebagainya. Komandonya ada di Pak Kapolres sebagai leading sector. Jadi, kita mendukung operasi ini agar bisa berjalan lancar sebaik tahun lalu," ucapnya.

Kapolres Metro Bekasi Komisaris Besar Twedy Aditya Bennyahdi mengatakan petugas gabungan akan bertugas mengawal perjalanan arus mudik hingga arus balik, terhitung sejak Selasa (18/4/2023) esok hari.

Baca juga: Forkopimda Bekasi: Antisipasi pencurian rumah kosong saat mudik

"Pos pengamanan dan petugas akan stand by dari tanggal 18 April sampai 1 Mei mendatang," katanya.

Ia mempersilakan masyarakat untuk mendatangi pos-pos apabila menemui hambatan dalam perjalanan mudik maupun untuk sekedar beristirahat.

"Di dalam pos ada fasilitas menerima laporan dari masyarakat apabila ada gangguan. Ada peta kalau masyarakat tidak tahu arah. Ada juga nomor-nomor darurat, misalnya kalau ada pemudik yang kendaraannya bermasalah, ada nomor bengkel terdekat. Ada juga informasi titik mengenai SPBU terdekat," katanya.

Baca juga: Polres Bekasi siapkan rekayasa lalu lintas lancarkan arus mudik Lebaran

Twedy berharap masyarakat yang melakukan perjalanan mudik untuk mempersiapkan diri sebelum perjalanan, seperti mengecek kendaraan serta menjaga kesehatan demi keselamatan lalu lintas.

"Kami imbau pengendara berhati-hati di jalan. Pastikan istirahat cukup agar fit dan sehat. Kalau lelah cari pos pengamanan terdekat untuk beristirahat. Kalau merasa tidak sehat, silakan diperiksa kesehatannya ke petugas medis dari dinkes," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023