Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mengajak warga turut mengantisipasi pencurian atas rumah kosong saat ditinggal pemilik atau penghuni rumah untuk mudik Lebaran.

"Kami bersama TNI dan Polri juga telah melakukan langkah antisipasi guna menjaga gedung pemerintahan saat libur dan cuti bersama serta rumah kosong yang ditinggal saat musim mudik Lebaran tahun ini," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan saat memimpin apel Operasi Ketupat Jaya 2023 di Lapangan Plasa Pemkab Bekasi, Senin.

Dani mengatakan perangkat kecamatan dan kelurahan serta desa telah diinstruksikan untuk mengimbau RT/RW agar meningkatkan fungsi sistem keamanan lingkungan (siskamling) bersama unsur bhabinkamtibmas beserta bhabinsa.

"Jadi sudah diinstruksikan kepada para camat dan lurah agar RT dan RW lakukan siskamling secara rutin, kerja babinsa-kamtimbmas menjaga kawasan daerah-daerah permukiman yang ditinggalkan mudik," katanya.

Para calon pemudik pun telah diberitahu agar menginformasikan tanggal kepergian dan kedatangan, mana kala sudah memutuskan kapan akan mudik ke kampung halaman.

"Kami juga meminta agar mencatat rumah-rumah yang ditinggal mudik sehingga bisa diawasi oleh warga yang tidak mudik," katanya.

Kapolres Metro Bekasi Komisaris Besar Twedy Aditya Benyyahdi meminta masyarakat untuk bersinergi bersama kepolisian dan TNI, setidaknya hingga Operasi Ketupat Jaya 2023 selesai pada 1 Mei 2023 mendatang.

"Kami sudah koordinasi dengan camat, RW/RT, Kodim beserta Danramil, Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Mendata warga atau penghuni perumahan yang mudik. Sehingga warga yang tidak mudik bisa membantu menjaga," katanya.

Dia juga mengimbau agar masyarakat yang meninggalkan rumah untuk memutus seluruh sambungan arus listrik beserta selang tabung gas guna mengantisipasi insiden kebakaran.

"Jangan lupa mencabut sambungan listrik dan tabung gas karena bisa menyebabkan hubungan arus pendek yang memicu kebakaran rumah kosong," katanya.

Baca juga: Polisi sebut pembobol rumah kosong di Bekasi pekerja serabutan

Baca juga: Polisi ringkus dua residivis pencuri rumah kosong di Bekasi

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023