Bogor (Antara Megapolitan) - Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Bogor, Jawa Barat beri pembinaan wawasan kebangsaan kepada ratusan pelajar tingkat SMA dan SMK.

"Pembinaan ini dalam rangka meningkatkan wawasan kebangsaan para generasi muda, memahami Pancasila sebagai ideologi bangsa," kata Kepala Kesbangpol Kota Bogor, Fordinan, Senin.

Ia mengatakan, pembinaan wawasan kebangsaan menyasar pelajar SMA dan SMK merupakan kegiatan rutin yang sudah menjadi prosedur tetap diselenggarakan setiap tahunnya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan para pelajar dapat meningkatkan wawasan kebangsaan, menjauhkan dirinya dari hal-hal negatif yang dapat merugikan masyarakat dan generasi muda itu sendiri.

"Pembinaan ideologi sangat diperlukan bagi generasi muda untuk menciptakan dan mencerdaskan kehidupan bangsa," kata Fordinan.

Pembinaan wawasan kebangsaan mengangkat tema "Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan" diikuti sekitar 100 orang pelajar SMA dan SMK se Kota Bogor.

Asisten Administrasi Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Bogor , Hanafi berpesan, generasi muda harus mengetahui ideologi dan wawasan kesatuan bangsa sebagai arah dan pendorong untuk menciptakan generasi muda yang cerdas, cermat, tepat dan berkualitas.

"Tidak ada ideologi lain yang diakui di Indonesia selain ideologi Pancasila," katanya.

Menurut Hanafi, para pelajar yang mengikuti pembinaan wawasan kebangsaan diharapkan dapat memahami ideologi negara yakni Pancasila.

"Melalui pemahaman ideologi, para pelajar dapat menerapkan ideologi Pancasila, membentengi diri dengan nilai-nilai kebangsaan hingga menjadi generasi muda yang berkualitas," katanya.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016