Sebanyak 500 warga Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengikuti program mudik gratis pada momentum musim mudik lebaran yang digelar oleh jajaran kepolisian dari Polres Karawang.

"Hari ini ada 500 warga Karawang yang diberangkatkan pada program mudik gratis ini. Rute tujuannya ialah Cirebon dan Semarang," kata Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono, di Karawang, Kamis.

Ia mengatakan, sebanyak 10 armada disiapkan Polres Karawang sebagai upaya mendukung program mudik gratis yang telah diinisiasi institusi Polri, dengan tujuan mengurai kepadatan pemudik pada musim mudik lebaran 2023.

Baca juga: Polres Karawang sediakan mudik gratis dengan kuota 500 orang melalui jalur Pantura

Disebutkan kalau program mudik gratis yang diluncurkan oleh Polres Karawang sebelumnya telah disosialisasikan kepada masyarakat selama beberapa pekan terakhir.

Pelepasan pemberangkatan mudik gratis itu dilakukan oleh Kapolres Karawang dan Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana.

Menurut bupati keberangkatan 500 warga Karawang dengan menggunakan 10 armada itu ialah mudik gratis perdana yang melakukan mudik lebih awal.

Baca juga: Kantor polisi Karawang jadi tempat penitipan kendaraan gratis di musim mudik Lebaran

“Kami sangat mengapresiasi Institusi Polri dalam hal ini Polres Karawang yang pada hari ini melepas rombongan armada tujuan Cirebon dan Semarang,” katanya.

Dengan adanya program mudik gratis, kata dia, maka warga Karawang tidak perlu repot-repot mudik menggunakan roda dua. Pemerintah Kabupaten Karawang juga diakuinya telah membuka program mudik gratis.

Jadi diharapkan masyarakat bisa mengikuti program mudik gratis yang telah digulirkan pemerintah, maupun pihak swasta," kata dia.

Baca juga: Pupuk Kujang siapkan empat bus besar dalam program mudik gratis 2023

"Tentunya mudik gratis ini mrmberikan rasa aman hingga sampai tujuan di kampung halaman, apalagi pihak Polres Karawang juga membuka layanan penitipan kendaraan di Makopolres Karawang dan di Polsek-polsek seluruh wilayah Karawang," katanya. (KR-MAK)

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023